Sepele tapi Penting, 3 Cara Memanaskan Mesin Mobil agar Tetap Awet, Pemilik Mobil Wajib Paham

Minggu 07-04-2024,13:20 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Teguh Mujiarto

BACA JUGA : 5 Tips Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran Tahun 2024, Jangan Sepelekan Hal-hal Kecil Berikut Ini

5. Menggunakan bensin kualitas rendah

Mesin mobil bisa cepat rusak jika menggunakan bahan bakar kualitas buruk. Hal ini membuat adanya endapan mesin, penurunan efisiensi bahan bakar, sampai masalah kinerja lainnya yang cukup fatal.

3 cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet

Penyebab mesin mobil bermasalah memang ada banyak, namun salah satu langkah awal paling sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan memperhatikan cara memanaskan mesin. Anda bisa ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Preheating sekitar 5 menit

Langkah pertama memanaskan mesin mobil yang tepat yaitu dengan preheating sekitar 5 menit. Hal ini sangat penting terutama sebelum Anda mulai melakukan perjalanan.

Preheating ini bisa meminimalisir masalah kebocoran kompresi dan memastikan oli kembali naik ke atas mesin setelah turun karena tidak digunakan beberapa waktu. Namun, preheating ini tidak perlu benar-benar dilakukan selama 5 menit.

BACA JUGA : Tips & Trik! 2 Langkah Memperbaiki Spion Mobil Patah, Hindari Penyebabnya

Waktu tersebut memang cukup lama dan bisa boros bahan bakar. Anda bisa cukup lakukan preheating selama semenit.

2. Jangan tekan pedal gas

Cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet berikutnya jangan tekan pedal gas ketika kendaraan menyala. Terutama karena mobil modern tidak menggunakan karburator.

Menginjak pedal gas selama memanaskan mobil hanya akan membuat bahan bakar jadi boros. Selain itu juga bisa meningkatkan gesekan berlebih pada mesin yang belum terlumasi dengan baik yang berujung merusak sejumlah bagian internal mesin.

3. Matikan AC

Pentingnya mematikan AC ketika memanaskan mesin mobil. Sebab, AC bisa memberikan beban tambahan ke mesin yang bisa mengganggu proses pemanasan mesin.

BACA JUGA : Tips Hemat Baterai Mobil Listrik, Mudik Nyaman, Aman, dan Ramah Lingkungan

Kategori :