Misteri dan Mitos Waduk Jatigede Sumedang, Konon Kerap Muncul Makhluk Misterius ke Permukaan Air

Sabtu 23-03-2024,06:00 WIB
Reporter : Zaenal Muttaqin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Namun, pada kenyataannya, untuk mengenau Keuyeup Bodas ini merujuk pada sesar aktif Beribis yang membelah wilayah ini. Dari sesar aktif ini memiliki bentuk yang menyerupai seekor kepiting putih saat ketika dilihat dari peta, dan konon hal ini dianggap sebagai ancaman potensial terhadap keamanan bendungan.

3. Legenda Ikan Mas Raksasa

Ada juga cerita mitos Waduk Jatigede Sumedang lainnya mengenai tempat ini yakni tentang ikan mas raksasa yang berukuran sangat besar sebesar pintu juga menjadi bagian dari misteri yang melingkupi dari tempat ini.

Konon, dari cerita masyarakat setempat mengatakan bahwa ada ikan mas yang begitu besar dan menakutkan sehingga para pemancing yang berani mendekatinya pun ketakutan.

BACA JUGA: Mitos Ayam Hitam yang Sering Digunakan dalam Ritual, Begini Faktanya

Meskipun keberadaan ikan sebesar itu masih juga beberapa yang meragukan, cerita ini mencerminkan keterkaitan antara kehidupan sehari-hari masyarakat dengan alam sekitar mereka yang masih penuh misteri.

Peninggalan budaya dan identitas lokal

Mengenai Waduk Jatigede ini, meskipun pada era modernisasi terus berlanjutan dan pembangunan infrastruktur membawa perubahan, cerita-cerita mistis di sekitar Waduk Jatigede tetap menjadi bagian integral dari budaya dan identitas lokal.

Untuk masyarakat Sumedang masih memeliharaa kepercayaan dan legenda yang telah diteruskan dari generasi ke generasi, yang mereka percayainya hal ini mencerminkan kekayaan warisan budaya yang patut dilestarikan.

Jadi mengenai tempat Waduk Jatigede yang menarik ini tidak hanya merupakan sumber daya air penting, tetapi juga tempat di mana mitos dan cerita mistis berkembang, menambahkan kedalaman dan kompleksitas pada lanskap budaya dan alamiah yang mengelilinginyaa.

BACA JUGA: Mitos Pulau Kodok di Tegal, Bisa Sembuhkan Segala Penyakit Hanya dengan Berendam

Demikian informasi tentang mitos Waduk Jatigede Sumedang yang menarik dan penuh dengan misteri.Semoga Bermanfaat. (*)

Kategori :