Satu Kata Ini Bikin DC Pinjol Berhenti Menagih, Ampuh Atasi Teror Penagih Utang yang Mengganggu

Selasa 20-02-2024,06:00 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Teror DC Pinjol terkadang sangat mengganggu kenyamanan nasabahnya. Nah satu kata ini bikin dc pinjol berhenti menagih lho.

Satu kata ini bikin dc pinjol berhenti menagih dengan kasar dan terjamin sangat ampuh. Jadi kamu tidak perlu takut lagi saat menghadapi DC lapangan.

Dengan lontarkan satu kata ini bikin dc pinjol berhenti menagih maka hidup kamu akan lebih nyaman. Karena sudah tidak terkenal lagi teror maupun ancaman.

Nah berikut satu kata ini bikin dc pinjol berhenti menagih yang bisa Anda gunakan agar debt collector kapok menagih dengan kasar. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Nasabah Galbay Catat Jam-jam Ini, Waktunya DC Pinjol Datang ke Rumah Tagih Pinjaman yang Nunggak

Dasar hukum DC pinjol

Setiap pinjol resmi akan tunduk pada hukum. Hal ini karena jasa pinjol resmi diawasi oleh badan Otoritas Jasa Keuangan yang pastinya terikat oleh hukum.

Nah mengacu pada Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP Tanggal 7 Juni 2012 tentang Perubahan Pertama dan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 16/25/DKSP Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Seorang debt collector tidak boleh melakukan paksaan untuk menyita barang-barang milik debitur yang wanprestasi. Penyitaan barang debitur yang wanprestasi hanya boleh dilakukan atas putusan pengadilan.

Hal ini ditegaskan dalam Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang berbunyi: “Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.”

BACA JUGA: Batas Waktu DC Pinjol Lapangan Menagih Hutang, Jangan Sampai Galbay

Dalam hal diatas sudah jelas bahwa seorang debt collector dilarang untuk melakukan penagihan secara kasar. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang debt collector yang melakukan ancaman maupun teror dapat dipidanakan.

Satu kata ini bikin DC pinjol berhenti menagih

Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa kerapkali seorang dc pinjol tidak mengindahkan aturan tersebut. Sehingga nasabah pun merasa tidak nyaman karena masih dc yang menagih dengan melontarkan ancaman.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan satu kata ini. Maka dc pinjol mana pun akan kapok untuk menagih pinjaman dengan kasar.

Satu kata ini bikin dc pinjol berhenti menagih "Saya bisa laporkan Anda ke pihak berwajib". Dengan bukti yang sudah kamu kumpulkan serta berdasar pada undang-undang diatas. Maka dc lapangan tidak akan melakukan hal yang semena-mena padamu.

BACA JUGA: Nasabah Galbay Catat Jam-jam Ini, Waktunya DC Pinjol Datang ke Rumah Tagih Pinjaman yang Nunggak

Kategori :