Cara Cek KTP Digunakan untuk Pinjol atau Tidak Cuma Lewat Smartphone, Bisa Langsung Dicoba

Kamis 18-01-2024,21:30 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL – Artikel ini memberikan cara cek KTP apakah digunakan untuk pinjol atau tidak hanya lewat smartphone. Penting untuk Anda tahu bahwa bisa saja ada oknum nakal yang menggunakan identitas Anda untuk ambil pinjaman online.

Cara cek KTP digunakan untuk pinjol atau tidak ini tidak ada salahnya Anda coba, dibanding data Anda disalahgunakan. Tidak sedikit ada kasus penyalahgunaan atau kebocoran data oleh oknum tidak bertanggung jawab, terutama untuk pinjaman online.

Maka penting untuk Anda coba cek KTP digunakan untuk pinjol atau tidak dengan cara mudah hanya lewat smartphone. Anda juga bisa coba cek kartu identitas milik keluarga Anda yang lainnya untuk ikut memastikan.

Berikut cara cek KTP digunakan untuk pinjol atau tidak lewat smartphone. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Cara cek KTP digunakan untuk pinjol atau tidak

Cara mengecek data digunakan untuk pinjol atau tidak ini tidak butuh waktu sampai berhari-hari, bahkan hanya kurang dari 5 menit.

BACA JUGA: Hati-hati Jika Dapat Notif Modus Penipuan Pinjol Ilegal Ini, Langsung Blokir dan Laporkan

Anda bisa cek SLIK OJK terlebih dulu lewat situs https://idebku.ojk.go.id/Public/HomePage. Kemudian isilah data-data yang diminta pada laman tersebut. Pastikan isi data dengan benar dan lengkap.

Selanjutnya, Anda tinggal tunggu permintaan penarikan SLIK OJK diproses, yang mana nantinya pihak OJK akan mengirimkan laporannya lewat e-mail yang Anda daftarkan.

Jika semisal data KTP Anda digunakan untuk pinjol ilegal, maka nantinya data Anda tidak muncul pada SLIK OJK. Sebab, pinjaman online ilegal tidak berhubungan dan tidak terdata pada sistem OJK.

Waspada dengan modus penipuan pinjol ilegal

Anda bisa menghindari risiko pencurian data yang bisa digunakan untuk pinjol ilegal, yaitu dengan tidak sembarang mengunggah KTP Anda atau menyebarkannya di media manapun.

BACA JUGA: 5 Alasan Pinjol Tidak Bisa Jadi Solusi Keuangan yang Tepat untuk Segala Situasi

Lebih berhati-hati dalam memasukan data diri dalam suatu laman yang mencurigakan, bahkan lebih baik tidak usah sama sekali. Sebab, salah satu cara seseorang mengambil data lewat link atau tautan tertentu.

Begitu juga pada aplikasi yang tidak boleh Anda install sembarangan di smartphone. Sebab, aplikasi-aplikasi yang ada tidak selalu aman dan seringkali rawan scam.

Kategori :