Masih Belum Tahu Berapa Daya Listrik untuk Motor Listrik? Begini Penjelasannya

Minggu 07-01-2024,21:50 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL -   Di Indonesia, keberadaan motor listrik semakin populer dengan kenyamanan dan kepraktisan dalam pengisian dayanya. Lalu, berapa daya listrik untuk motor listrik?

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai berapa daya listrik untuk motor listrik, simak artikel ini sampai habis. Karena di dalamnya akan mengulas mengenai hal tersebut.

 

Fakta Mengenai Berapa Daya Listrik untuk Motor Listrik

1. Daya Minimal untuk Motor Listrik Gesits

Tahukah Anda bahwa motor Gesits menawarkan kemudahan pengisian baterai di rumah. Lalu, berapa daya listrik untuk motor listrik Gesits?

Diketahui, Gesits setidaknya membutuhkan daya minimal 900 Watt. Adapun untuk proses pengecasannya dapat dilakukan dengan membuka jok motor, mengambil baterai, dan mencolokkannya ke colokan biasa atau bisa langsung ke power socket di mptpr apabila jaraknya dekat, ya.

BACA JUGA:  Daftar Harga Motor Listrik Subsidi 2024, Paling Murah Cuma Rp5 Juta

2. Pilihan Pengecesan di SPKLU

Tahukah Anda bahwa pengguna motor listrik ternyata bisa memilih untuk mengecas baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Umum (SPKLU) dengan menggunakan voucher token yang sudah pengguna beli di PLN, lho.

Adapun wkatu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dar 0% hingga penuh yakni sekitar 3 sampai 4 jam.

3. Cara Pengisian dan Daya Motor United

Motor listrik United bisa Anda isi dengan dua cara yakni Swap Battery atau Direct Charging. Untuk proses chargingnya bisa Anda lakukan dengan menghubungkan soket listrik ke sumber listrik dengan daya minimal 1.300 Watt.

4. Model Motor Listrik Lain

Selain motor listrik Gesits, beberapa model motor listrik lainnya juga dapat Anda  isi ulang di rumah meliputi Honda, Polytron, Selis, dan yadea.  Adapun untuk motor listrik United dan Polytron yakni membutuhkan daya listrik minimal 1.300 Watt.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik di Indonesia, Jarak Tempuhnya Ada yang 100 KM/Jam Sekali Cas

5. Daya Rumah untuk Motor Listrik Lainnya

Tahukah Anda bahwa motor listrik dari Yadea ternyata memerlukan daya listrik rumah minimal 660 Watt. Honad EM1 e juga bisa Anda isi ulang di rumah, meskipun Honda tidak memberikan informasi secara gamblang mengenai daya  minimal yang diperlukan.

Namun, diperkirakan kebutuhan daya charging output sekitar 400 Watt, ya.  Perlu Anda ingat bahwa pemilihan motor listrik tidak hanya berhubungan dengan performa dan desain, namun juga harus mempertimbangkan ketersediaan daya rumah yang memadai untuk proses pengisian yang efisien.

Setelah Anda mengetahui berapa daya listrik untuk motor listrik. Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari motor listrik sebagai berikut.

Tiga Kekurangan Motor Listrik

1. Takut Tidak Sampai Tujuan

Seperti yang Anda ketahui bahwa motor listrik mengandalkan energi di dalam baterai sebagai “bahan bakar” untuk melaju. Beberapa pengguna motor listrik juga mengaku kerap merasa khawatir sisa energi tersebut tidak cukup untuk membawanya pergi sampai tujuan.

BACA JUGA:  Perhatikan, Begini Cara Merawat Motor Listrik Agar Kondisi Tetap Prima

Nah, kondisi psikologis inilah yang terkenal dengan istilah range anxiety atau kecemasan terhadap jarak tempuh. Adapun salah satu solusi untuk mengatasi hal ini yakni dengan merencanakan perjalanan yang akan Anda lakukan dengan motor listrik.

2. Durasi Pengecesan Lama

Kebanyakan dari motor listrik diketahui membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengisi daya listrik hingga penuh. Kondisi tersebut sangat berbeda dengan motor konvensional yang hanya perlu beberapa menit saja untuk mengisi bensin.

Adapun untuk motor listrik ini sebenarnya tersedia opsi lain bagi konsumen yang tidak mau melakukan pengisian baterai sendiri, lho. Diketahui, beberapa motor listrik ternyata menawarkan konsep battery swap atau tukar baterai.

Untuk penukarannya hanya bisa dilakukan di titik-titik tertentu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:  Spesifikasi Motor Listrik Honda, Transformasi Kendaraan Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya Saat Ini

3. Harga baterai masih mahal

Seperti yang Anda ketahui bahwa motor listrik memiliki komponen yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan motor  konvensional. Hal ini lah yang menjadikan perawatan motor listrik dilakukan lebih minim.

Sebagai informasi, harga baterai motor listrik tidak bisa dikatakan murah setidaknya untuk saat ini. Dari pantauan di beberapa marketplace, harga baterai material lithhium-ion dijual dengan harga sekitar Rp7 juta hingga Rp8 jutaan.

Demikian ulasan mengenai berapa daya listrik untuk motor listrik. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :