Perbandingan Pinjaman Online dengan Kredit Konvensional, Mana yang Lebih Menguntungkan Sesuai Kebutuhan?

Kamis 07-12-2023,13:40 WIB
Reporter : Devan Aditya Pratama
Editor : Devan Aditya Pratama

BACA JUGA:Skandal Penagihan Berujung Korban Jiwa, OJK Bakal Calling Adakami

Bunga pinjaman online biasanya berkisar antara 0,05% hingga 0,8% per hari, sedangkan bunga kredit konvensional biasanya berkisar antara 0,1% hingga 1% per bulan.

 

3. Tenor

Tenor pinjaman online biasanya lebih pendek dibandingkan dengan kredit konvensional. Pinjaman online biasanya memiliki tenor antara 1 bulan hingga 1 tahun, sedangkan kredit konvensional biasanya memiliki tenor antara 1 tahun hingga 5 tahun.

 

4. Keamanan

Keamanan pinjaman online masih menjadi isu yang perlu diperhatikan. Beberapa perusahaan pinjaman online ilegal telah melakukan praktik-praktik yang merugikan konsumen, seperti penagihan yang agresif dan penyebaran data pribadi.

Oleh karena itu, penting untuk memilih perusahaan pinjaman online yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Galbay Pinjol Bisa Kena Sanksi Likuidasi? Ini Bunyi Peraturan Resmi dari OJK

BACA JUGA:Finplus Apakah Ada DC Lapangan? Begini Sistem Penagihannya

Rekomendasi tepat

Berikut adalah rekomendasi jenis pinjaman yang paling menguntungkan berdasarkan kebutuhan masing-masing individu:

  • Kebutuhan mendesak dengan jangka waktu pendek

Untuk kebutuhan mendesak dengan jangka waktu pendek, pinjaman online merupakan pilihan yang lebih baik. Pinjaman online memiliki proses pengajuan yang cepat dan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan kredit konvensional.

  • Kebutuhan yang membutuhkan dana dalam jumlah besar

Untuk kebutuhan yang membutuhkan dana dalam jumlah besar, kredit konvensional merupakan pilihan yang lebih baik. Kredit konvensional menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang dibandingkan dengan pinjaman online.

  • Kebutuhan yang membutuhkan keamanan

Untuk kebutuhan yang membutuhkan keamanan, kredit konvensional merupakan pilihan yang lebih baik. Kredit konvensional diawasi oleh OJK, sehingga konsumen akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Kategori :