Sudah Mulai Musim Hujan, Begini 6 Cara Membasmi Tikus dengan Gampang yang Bersarang di Rumah

Selasa 05-12-2023,05:40 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Cara membasmi tikus dengan gampang akan dibahas dalam artikel ini. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan, yang hampir setiap hari mulai turun hujan.

Hewan pengerat itu kerap mencari tempat berlindung dan penghangat di saat turun hujan. Nah saat itulah tikus mencari tempat-tempat yang aman dan nyaman, termasuk di dalam rumah Anda. 

Sehingga kehadiran tikus-tikus tersebut di rumah Anda, kerap menjadi masalah yang sangat membingungkan. Itulah sebabnya cara membasmi tikus dengan gampang akan sangat berguna. 

Apalagi cara-caranya pun relatif mudah dilakukan sendiri, aman, dan sangat efektif untuk mengusirnya, tanpa harus membunuhnya. S olusi lain yang tidak selalu harus membunuh hewan-hewan tersebut, saat ini sudah mulai banyak dilakukan.

6 cara membasmi tikus dengan gampang

Perlu Anda ketahui, metode pembasmian tikus tanpa membunuh ini sangat membantu mengatasi persoalan hama tikus, tanpa harus mencari-cari bangkainya setelah diracun. Sehingga relatif bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan ramah.

Cara-cara efektif untuk mengusir tikus-tikus tanpa membunuhnya itu adalah dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Gunakan Bola Kapas dan Baking Soda

 

Campurkan baking soda dengan gula dan letakkan campuran ini di dalam bola kapas di area yang sering dilalui tikus.  Tikus tertarik pada gula tetapi tidak dapat mencerna baking soda, yang dapat menyebabkan mereka pergi mencari sumber makanan lain.

2. Tanam Tanaman Pengusir Tikus

Beberapa jenis tanaman seperti kapulaga, lavender, atau tanaman herbal lainnya dapat berfungsi sebagai pengusir tikus alami.  Tanam tanaman-tanaman itu di sekitar rumah, utamanya di dekat pintu atau jendela, untuk mencegah masuknya tikus sebagai salah satu  cara membasmi tikus dengan gampang .

3. Atur Makanan dengan Baik

Pastikan makanan di rumah disimpan dengan baik. Gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan di dapur dan hindari menyisakan sisa makanan yang dapat menarik perhatian tikus.

Semakin terbatas sumber makanan, semakin tidak menarik rumah Anda bagi tikus.

Kategori :