Pilih Pinjol Tenor Panjang Makin Berisiko Galbay? Begini Penjelasannya

Kamis 19-10-2023,16:00 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

3) Risiko gagal bayar

Hutang yang semakin menumpuk inilah yang meningkatkan risiko galbay jika pilih pinjol tenor panjang. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi keuangan dari waktu ke waktu. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kemampuan Anda dalam membayar cicilannya.

BACA JUGA : Risiko Pakai KTP Palsu dari Google untuk Pinjol, Bisa Terjerat Tindak Pidana

Cara mengelola pinjaman online dengan tenor panjang

Setelah Anda tahu alasan mengapa pilih pinjol tenor panjang makin berisiko galbay, maka Anda bisa menerapkan cara berikut ini untuk mengelola keuangan Anda dan terhindar sebagai nasabah galbay.

1) Rencanakan keuangan dengan jelas sebelum mengambil pinjol dengan tenor panjang. Hal ini penting karena bisa mempengaruhi anggaran Anda.

2) Pertimbangkan alternatif atau opsi lain, misal pinjam dengan teman atau kerabat jauh sebelum mengambil pinjol tenor panjang.

3) Cara mengelola pinjol tenor panjang yang tepat berikutnya tentu dengan menggunakan platform tepercaya dan legal OJK. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan dan praktik ilegal.

4) Jika Anda ingin mengajukan pinjol tenor panjang, pastikan hanya meminjam sesuai dengan kebutuhan penting dan sesuaikan kemampuan untuk membayarnya nanti.

BACA JUGA : 5 Alasan Pinjol Ditolak Meski Belum Pernah Mengajukan Sebelumnya, Anda Pernah?

5) Terakhir, evaluasi secara teratur kondisi keuangan Anda selama masa peminjaman pinjol.

Kesimpulan

Pinjol dengan tenor panjang bisa meningkatkan risiko galbay karena beberapa hal. Mulai dari adanya biaya tambahan, potensi ketergantungan, sampai risiko hutang yang menumpuk.

Maka dari itu, cermatilah lebih dulu bagaimana cara yang tepat untuk mengajukan pinjol agar tidak terlilit hutang.

Demikian ulasan informasi mengapa pilih pinjol tenor panjang makin berisiko galbay. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Kategori :