Mitos Pohon Dewandaru Gunung Kawi Masih Dipercaya sebagai Pembawa Keberuntungan

Minggu 15-10-2023,05:15 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

BACA JUGA:  6 Tanaman yang Ampuh Menangkal Santet dan Ilmu Hitam, Fakta atau Mitos?

Namun tak semudah itu, lamanya menunggu kejatuhan benda tersebut tak sebentar. Bahkan, ada yang bertapa hingga berbulan-bulan. Itu tergantung pada niat dan keikhlasan batin seseorang tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, buah Dewandaru memang dapat dikonsumsi secara mentah. Cita rasanya yang asam dan manis membuat buah tropis ini sering diolah menjadi selai dan jeli.

Dewandaru memiliki sedikitnya 46 nama di dunia. Tumbuhan ini sebetulnya berasal dari Amerika Selatan, mulai dari Suriname, Guyana Prancis, hingga bagian selatan Brasil, Uruguay, dan Paraguay. Tapi, sekarang sudah tersebar ke seluruh penjuru daerah tropis dan subtropis, seperti Asia Tenggara dan Pulau Karibia.

Tumbuhan yang masih satu keluarga dengan jambu ini berbentuk semak atau pohon dengan ketinggian sampai tujuh meter. Cabangnya menyebar, kadang melekuk, dan ramping.

Ketika masih muda, daun Dewandaru berwarna cokelat kemerah-merahan, sedangkan kalau sudah tua berubah menjadi hijau gelap.

Kala musim dingin atau kering, daun akan berubah warna lagi menjadi merah. Bunganya lumayan wangi, berjumlah 1 hingga 4 keping yang menyatu di ketiak daun.

BACA JUGA:  10 Mitos Jawa yang Masih Kuat dan Dipercaya Kebenarannya hingga Sekarang, Simak Selengkapnya!

Demikian informasi tentang mitos Pohon Dewandaru yang ada pada Gunung Kawi dengan membawa keberuntungan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :