4 Lembaga untuk Melaporkan Pinjol Ilegal Selain OJK, Yuk Berantas Penipuan Pinjaman Online

Selasa 10-10-2023,13:30 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Jika Anda termasuk konsumen yang dirugikan karena pinjaman online ilegal, anda bisa mengeluhkan apa saja kerugian Anda pada forum.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman dari pengguna lainnya, nasihat, sampai mencari bantuan untuk menyelesaikan permasalahan serupa.

BACA JUGA : 5 Cara Atasi Teror DC Pinjol yang Lebih dari 90 Hari, Jangan Sampai Salah Langkah!

3) Lembaga advokasi konsumen

Lembaga untuk melaporkan pinjol ilegal selain OJK berikutnya ini juga bisa membantu Anda untuk menangani pinjol ilegal.

Lembaga ini memiliki pengetahuan hukum yang bisa membantu Anda dalam memahami sejumlah hak Anda dan cara untuk mengatasi praktik pinjol ilegal.

4) Lembaga pendidikan keuangan

Tempat untuk melaporkan atau mengatasi penipuan pinjaman online ilegal ini bisa memberikan edukasi soal keuangan kepada konsumen. 

Lembaga pendidikan keuangan ini bisa membantu Anda dalam memahami risiko dari pinjaman online ilegal. Lewat pengetahuan dari lembaga ini, nantinya akan lebih paham tentang konsekuensi pinjol ilegal.

BACA JUGA : Cara Galbay Pinjol Legal OJK Tanpa Didatangi DC Lapangan, Gak Perlu Kabur

Kesimpulan

Anda bisa melaporkan pinjol ilegal ke 4 lembaga tadi selain OJK, yaitu LPK, forum online, lembaga advokasi konsumen, dan lembaga pendidikan keuangan.

Lembaga-lembaga tersebut bisa memberikan saran untuk langkah apa yang harus Anda lakukan jika terjerat dengan pinjol ilegal.

Demikian pembahasan 4 lembaga untuk melaporkan pinjol ilegal selain OJK. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

 

Kategori :