Kenali 5 Perbedaan Pinjol dan Kartu Kredit, Mirip-mirip Tapi Tak Sama

Rabu 04-10-2023,02:30 WIB
Reporter : Shafa Fauziah Hanum
Editor : Shafa Fauziah Hanum

Tetapi anda harus berhati-hati, jangan sampai tergoda dengan limit yang besar hingga anda melupakan kemampuan finansial anda untuk melunasi kartu kredit tersebut.

Sedangkan, pinjol cenderung memiliki limit kredit yang lebih rendah. Hal ini dapat membantu anda meminimalisir risiko kelebihan utang.

BACA JUGA:Jangan Asal pilih! Inilah Tips Memilih Kartu Kredit Agar Terhindar dari Galbay, Apa Saja Itu?

Fleksibilitas

Perbedaan pinjol dan kartu kredit selanjutnya adalah fleksibilitas penggunaan dana pinjaman, keduanya memliki fleksibilitas yang sama-sama menguntungkan.

Kartu kredit dapat digunakan untuk berbelanja secara online atau langsung, dan dapat membantu Anda mengumpulkan poin hadiah atau cashback. 

Sementara, pinjol dapat membantu anda memenuhi kebutuhan finansial darurat atau dapat anda gunakan untuk keperluan yang lebih besar seperti renovasi rumah.

Keamanan

Perbedaan pinjol dan kartu kredit yang terakhir adalah dari segi keamanan. Kartu kredit biasanya dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan atau pembelian yang tidak sah. 

Pinjol memliki keamanan yang lemah sehingga cenderung lebih rentan terhadap kejahatan keuangan seperti peretasan data atau penipuan online.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan riset dan memilih pinjol yang sudah terdaftar dan memiliki izin OJK. Sehingga anda dapat terhindar dari kejahatan cyber.

BACA JUGA:Jangan Nekat Galbay Jika Tak Mau DC Pinjol Ilegal Sebar Data Debitur! Begini Cara Melaporkannya

Setelah mengetahui perbedaan pinjol dan kartu kredit, Anda dapat menentukan mana yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda.  Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Kategori :