Terungkap Juga Rahasia Pinjol Legal Wajib Miliki Kontak Darurat Nasabahnya, Calon Peminjam Wajib Tahu

Selasa 03-10-2023,03:00 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL -  Proses pengajuan pinjaman online alias pinjol yang  mudah memberi akses mendapat pinjaman tanpa jaminan. Begitu cepatnya  proses pencairan sampai tidak peduli bisa bayar atau  tidak. hingga muncul gagal bayar dan inilah alasan  pinjol legal wajib miliki kontak darurat.

Aspek hukum  kontak  darurat

Pada saat pengajuan pinjaman online perusahaan pinjol legal memang tidak bisa mengakses kontak HP debitur. Namun mereka mempunyai   kewenangan   dapat hubungi kontak    darurat tentu dengan persetujuan di awal pengajuan dan alasan pinjol legal wajib miliki kontak darurat.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! DC Lapangan Akulaku Ternyata Ada Di Seluruh Indonesia?

Ketika pendaftaran pinjol pihak perusahaan memberi persyaratan mencamtumkan meminta nomor kontak keluarga, kerabat dekat, rekan kerja sampai alamat kantor. Nomor kontak darurat yang diminta perusahaan leasing sebagai solusi jika   seseorang    debitur gagal bayar kemudian   sekarang alasan pinjol legal wajib miliki kontak darurat  .

Bukan tanpa alasan penyelenggara perusahaan meminta persetujuan   atas kontak darurat.Namun memilki maksud agar membantu perusahaan apabila konsumen terlambat pembayaran dapat hubungi kontak darurat selaku orang konsumen atau mengenal konsumen.

Kapan pinjol legal hubungi kontak darurat?

Kontak darurat yang tercatat dalam website   atau aplikasi pinjol legal bukan sekedar hiasan atau pajangan saja, tetapi ada fungsinya   ketika peminjam gagal bayar alias galbay melewati jatuh tempo dan itulah mengapa  alasan   pinjol legal wajib miliki kontak darurat.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pinjol Bunga Rendah dan Cara Penagihan DC yang Dapat Dilaporkan

Menurut OJK saat   peminjam mengalami galbay   kredit macet pihak perusahaan diperbolehkan menghubungi kontak   darurat telah dicamtumkan dalam perjanjian, tetapi dalam hal ini setiap perusahaan pinjol mempunyai aturan berbeda-beda.

Sesuai kebijakan masing-masing walaupun    demkian tidak serta langsung   menghubungi kontak darurat ketika   debitur wanprestasi gagal bayar. Ada beberapa hal penting diperhatikan jika pinjol legal akan kontak darurat.

Patuh terhadap hukum privasi

Ada hal penting diperhatikan jika pinjol legal akan kontak darurat yaitu debitur mematuhi hukum privasi. Atau dalam arti bahwa mereka tidak mengungkap informasi data pribadi kepada kontak darurat tanpa izin debitur.

Tidak boleh dihubungi terus menerus

Sesudah   memperoleh kontak darurat dari    peminjam bukan berarti seenaknya menghubungi pihak debitur terus menerus   dalam upaya menagih utang.Setiap ada peraturan baru dari pemerintah ada pembatasan yang   wajib dipahami terkait kontak darurat.

Lantaran sebulan hanya boleh melakukan panggilan dalam jumlah terbatas, apabila penyelenggara pinjol melanggar aturan penggunaan kontak darurat akan menghadapi konsekuensi hukum dan adminitrasi.

Ada pemberitahuan tertulis

Hal penting diperhatikan jika pinjol legal akan kontak darurat ada baiknya terdapat pemeritahuan tertulis kepada debitur terlebih dahulu. Alasannya, informasi yang akan disampaikan penting terkait gagal bayar yang harus dilunasi terdiri jumlah utang dan batas waktu membayar   pinjaman.

Kontak darurat

Saat nasabah galbay pinjol mengalami kesulitan kemudiian tidak mampu lagi membayar cicilan utang, maka pihak perusahaan pinjol akan menghubungi kontak   darurat.

Kontak darurat dimaksud disini adalah keluarga terdekat atau kerabat bisa juga teman dekat, yang sudah dicamtumkan oleh debtur dalam perjanjian pinjaman.

Ketika pihak perrusahaan berniat melakukan kontak harus dilakukan hati-hati dengan maksud ataupun tujuan jelas berkaitan penyelesaian utang, yang belum terselesaikan sampai jatuh tempo.

Pihak emergency contact  

Begitu   pentingnya kontak darurat bagi perusahaan pinjol    kala peminjam mengalami galbay. Namun, menariknya justru   beberapa perusahaan kerap kali mengabaikan masalah   konfirmasi kepada pihak emergency contact.

 Inilah salah satu kelemahan fintech lending di Indonesia yang hanya   fokus konfirmasi data ke calon nasabah. Justru seringkali perusahaan pinjol mengabaikan emergency contact   saat nasabah galbay pembayaran utang.

BACA JUGA:Intinya Jangan Panik! Begini Cara Paling Sederhana Menghadapi dan Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Terkadang   efek tidak konfirmasi emergency contact   ke nasabah tiba-tiba saja pihak kreditur menghubungi   tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Tentu hal tersebut membuat pihak emergency contact   merasa   terganggu ketika nasabah   galbay krediit utang,

Kelalaian pihak perusahaan fintech lending terkait   tidak konfirmasi kontak darurat   merasa terganggu dan   dirugikan. Pihak emergency contact mempunyai hak menggugat perusahaan pinjaman online secara perdata

Sanksi tidak konfirmasi kontak darurat

Pentingnya Emergency Contact  bagi perusahaan pinjol karena bisa menjadi alternatika apabila keadaan darurat. Ketika peminjam secara tidak terduga mengalami galbay kemudian tidak mau bayar cicilan utang

Hal tersebut telah diatur dalam peraturan POJK nomor 77 tahun 2016 yang menjelaskan bahwa, jika perusahaan pinjol sengaja tidak komfirmasi Emergency Contact

Pihak Otoritas Jasa Keuangan tidak segan-segan memberikan peringatan   sejumlah sanksi adminitrasi terbukti melakukan pelanggaran:

Denda sejumlah   uang Peringatan Tertulis Pencabutan Izin, dan Pembatasan kegiatan usaha Itulah   tadi pembahasan singkat   alasan   pinjol legal wajib miliki kontak darurat berguna. Ketika peminjam gagal bayar alias galbay melewati jatuh tempo   tidak bisa melunasi utang. (*)

 

Kategori :