6 Alasan Pengajuan Pinjaman Online Selalu Ditolak, Skore Kredit Buruk Hingga Alami Kredit Macet

Kamis 21-09-2023,21:13 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Tanpa agunan dan proses pencairan cepat menjadi alasan sebagian masyarakat memilih fintech atau pinjaman online. Persyaratan mudah nyatanya tidak semua permohonan pengajuan pinjaman diterima, bahkan ada yang ditolak. Lantas apa alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak  dan  apa penyebabnya?

BACA JUGA:Penting! Kenali Ciri-ciri Pinjol Ilegal Agar Terhindar dari Jeratan Utang yang Mengerikan

Bila   peminjam disetujui dana masuk rekening dalam hitungan menit, tetapi ternyata   tidak   selalu mulus banyak mengalami   penolakan. Saat   menunggu persetujuan dan berikut 7 alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak

 Ajukan Pinjaman Lebihi Limit

Salah   satu alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak mengajukan pinjaman melebihi limit. Limit   pinjaman atau batas pinjaman berbeda-beda sesuai kebutuhan, jika tetap nekad mengajukan pinjaman lebih besar dari limit kemungkinan ditolak lantaran khawatir   beban cicilan dan terjadi galbay.

Dokumen Tidak Lengkap

Hal lain perlu dipahami dalam pengajuan pinjol adalah   dokumen belum lengkap yang terkadang terlewatkan oleh debitur.Padahal kelengkapan data penting kemudian penyedia pinjol   harus menyeleksi terlebih dahulu data masuk.

Jika ada data dokumen yang kurang seperti   KK, KTP, foto dan rekening   kemungkinan ditolak. Di samping itu,   data tidak   valid lantaran sistem tidak dapat   membaca dokumen yang   telah diunggah

Alami Kredit Macet

Hal   lain alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak kemungkinan masalah kredit macet yang terjadi sebelumnya. Riwayat pinjaman atau skore kredit   menjadi bukti   nyata tidak heran berpengaruh pengajuan online sedang   dilakukan.

Dari   skore kredit ini pula pinjaman online mampu   mengetahui apakah seseorang tersebut pernah mengajukan pinjol atau   tidak. Data skore kredit akan terlihat dalam SLIK OJK mempunyai tunggakan atau tidak.

Kemudian bila   banyak   denda   akibat pembayaran terlambat atau faktor lainnya yang   jelas akan berdampak pengajuan ditolak. Terlalu tinggi risiko gagal bayar dialami calon peminjam membuatnya enggan   memberikan kredit khawatir nanti tidak   mampu membayar cicilan setiap bulan.

Besaran Gaji Bulanan Tidak    Penuhi Kriteria

Tidak hanya masalah kredit macet   dan skore kredit buruk saja yang mempengaruhi proses pengajuan pinjaman online. Terlihat mudah persyaratannya, tetapi ternyata agak ribet yang salah satunya besaran gaji bulanan tidak memenuhi kriteria.

Idealnya yang terbaik, beban cicilan utang yang boleh dimiliki seorang   debitur adalah 30 persen dari penghasilan perbulan. Jika lebih dari   rasio   tersebut, kemungkinan risiko gagal bayar atau kredit   macet   akan rentan terjadi.

Bila masalah tersebut terkait   gaji bulanan diketahui pihak kreditur bisa jadi peluang pengajuan pinjaman sangat kecil alias ditolak. Pastikan,   sebelum memutuskan pengajuan pinjol kondisi keuangan baik agar nanti bisa   melunasi setiap bulan.

Masuk Daftar   Hitam

Ketika melakukan pengajuan pinjaman online tetapi pernah gagal bayar alias tidak mampu membayar utang   dan masuk daftar   hitam. Sudah pasti kemungkinan pengajuan pinjol ditolak atau tidak disetujui oleh pihak penyelenggara fintech dan usahakan selalu   melunasi cicilan utang supaya   saat pengajuan di lain hari tetap diterima.

Vertifikasi   Gagal

Hal lain penting dipahami alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak yakni verifikasi gagal. Seperti pemindaian scan atau foto dokumen mulai KTP hasilnya buram atau tidak jelas. Kesalahan     saat upload    dokumen lantaran kurang hati-hati membuatnya gagal kemudian   hanya   kesalahan kecil tersebut   semuanya ditolak.

BACA JUGA:3 Modus Pinjol Ilegal Tagih Utang ke Rumah yang Perlu Anda Ketahui, Catat dengan Baik!

 Bila mengalami kegagalan demikian kemungkinan ditolak dan   diulang kembali pendaftaran   dari   awal. Itulah ulasan singkat mengenai alasan pengajuan pinjaman online selalu ditolak perlu mendapat perhatian dan dipahami masalah kredit macet yang terjadi sebelumnya salah satunya supaya  nanti tidak gagal lagi.*                                                                                     

 

 

 

Kategori :