Jika Anda memiliki utang yang belum dilunasi, pertimbangkan opsi pembayaran dan negosiasi.
Ajukan pertanyaan kepada debt collector tentang opsi pembayaran yang tersedia dan apakah ada kemungkinan mengatur rencana pembayaran yang lebih sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
4. Hindari Janji Palsu
Saat membalas pesan DC pinjol, jangan pernah membuat janji palsu yang tidak bisa anda tepati. Hal ini akan membantu menjaga integritas anda dan mencegah terjadinya perselisihan di masa mendatang
5. Simpan Bukti Komunikasi
Selalu simpan bukti komunikasi Anda dengan debt collector. Ini mencakup pesan teks, email, atau catatan panggilan telepon.
Bukti ini dapat berguna jika Anda perlu mengajukan keluhan atau melaporkan praktek penagihan yang tidak etis.
Saat menghadapi pesan dari DC pinjol, hal terpenting adalah jangan panik, tetap balas pesan tersebut dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)