Lutung Kasarung, Cinta Putri Raja yang Buruk Rupa dengan Seekor Lutung yang Dipercaya sebagai Kisah Nyata

Selasa 05-09-2023,00:00 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Selain kisah Lutung Kasarung, Gunung Cupu juga dipercaya sebagai tempat persaingan antara Purbasari dengan Purbararang saat memperebutkan tahta Kerajaan Galuh. Salah satunya beradu ketampanan suami Purbararang dengan Purbasari.

Di kisah Lutung Kasarung, kera hitam yang dicintai  Purbasari  kemudian berubah menjadi seorang pria yang tampan bernama Guruminda. Sedangkan Purbararang memiliki suami bernama Indrajaya.

Keduanya lalu beradu ketampanan dan kesaktian. Kemudian Guruminda berduel dengan Indrajaya, yang kemudian dimenangkan Guruminda.

Setelah adu kesaktian tersebut, Purbasari dan Guruminda menjadi penguasa sebagai raja Kerajaan Galuh.  Purbasari akhirnya memaafkan perbuatan Purbararang terhadapnya, karena telah mengakui semua perbuatan buruk kepadanya.

Suami Purbasari dikenal Raja Galuh ke-8

Di Kerajaan Galuh, Guruminda atau Lutung Kasarung dikenal sebagai sang Minisri sebagai Raja Galuh ke-8. Nah, ditempat  bertemunya Lutung Kasarung dengan Purbasari dulu, diyakini merupakan tempat yang terdapat tumpukan batu yang dikelilingi pepohonan.

Tumpukan batu itu konon merupakan tempat untuk menyembunyikan benda-benda pusaka dan berbagai rahasia pada masa Ki Ajar Sukaresi memimpin Kerajaan Galuh. Pusaka itu kemudian disimpan dalam sebuah wadah yang bernama Cepu.

Cepu itulah yang dikubur dengan tumpukan batu-batu di atasnya hingga menggunung, supaya tidak diketahui dan sulit digali. Dari cerita itulah kemudian dijadikan nama Desa Gunung Cupu, yang petilasannya masih dapat dilihat hingga saat ini.

Sejumlah benda pusaka yang dikubur itu tidak boleh ada yang mengetahuinya, karena bila dibuka konon pemerintahan akan hancur. Sehingga muncul moto Rahasiah ulah dibuka (rahasia jangan dibuka).

Demikian informasi tentang kisah Lutung Kasarung yang diakini bukan merupakan cerita legenda biasa, tetapi kisah nyata terkait Kerajaan Galuh. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :