Kisah Sunan Kalijaga yang Menyelamatkan Joko Tingkir, Sang Bocah yang Tersesat di Tengah Hutan

Rabu 23-08-2023,16:59 WIB
Reporter : Teguh Ikhmal Bakhtiar
Editor : Teguh Ikhmal Bakhtiar

RADAR TEGAL-Kisah Sunan Kalijaga sangat terkenal di kalangan masyarakat khususmya di Jawa. Yang paling terkenal adalah tentang beliau yang menjaga amanah untuk menjaga tongkat.

Akan tetapi, ternyata ada sebuah kisah Sunan Kalijaga yang menceritakan sebuah penyelamatan. Penyelamatan ini sangat gemilang karena ia menyelamatkan seorang anak dari Ki Ageng Pengging.

Tidak salah lagi bahwa kisah Sunan Kalijaga kali ini adalah penyelamatan Joko Tingkir yang saat itu masih kecil. Asal mula dari penyelamatan ini adalah ketika Si kecil tersesat di dalam hutan.

Penasaran dengan kisah Sunan Kalijaga kali ini? Persiapkan diri kamu untuk mengetahui kisah seru kali ini.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas tentang Sunan Kalijaga. Sebelumnya coba baca artikel tentang Misteri Gunung Lawu Indonesia, Apakah Benar Tempat Bersemayam Raja Brawijaya V? di situs yang terpercaya ini.

Kisah penyelamatan Joko Tingkir oleh Sunan Kalijaga

Melansir dari Youtube Touching TV, Ki Ageng Pengging adalah putra dari Ki Ageng Pengging Sepuh. Beliau adalah keturunan bangsawan dari kerajaan Majapahit.

Mereka-mereka semua ternyata memilih mati saat pasukan para Wali dan Demak akan datang. Niat dari pasukan para Wali adalah untuk menawan dan mengadili mereka di Demak.

Akan tetapi, keluarga mereka akhirnya dihabisi oleh pasukan dari Demak. Saat itu Joko Tingkir masih dalam keadaan bayi.

Cahaya terang dari Joko Tingkir

Ia berhasil selamat karena Sunan Kalijaga melihat dari batinnya ada sebuah cahaya terang di wajah bayi Joko TIngkir.

Menurut pemikiran dalam dirinya, bayi tersebut dianggap sebagai pewaris dari para raja Majapahit dan diyakini bahwa berkah spiritual telah dianugerahkan padanya. Secara rahasia, ia membawa bayi itu pergi dan menyerahkan kepada Nyai Tingkir di tempat pengungsian, dimana suami Nyai Tingkir juga telah meninggal dalam peristiwa pembantaian oleh pasukan Demak.

Sejak masa kecil, Jaka Tingkir memiliki minat dalam menjelajah, baik itu ke puncak-puncak bukit, gunung-gunung, menjelajahi hutan yang misterius, mengunjungi lokasi-lokasi yang menakutkan, atau merenung di dalam goa-goa. Jaka Tingkir merupakan seorang anak yang nakal dan tidak pernah berhenti meskipun sering kali mendapatkan teguran dari ibu angkatnya, Nyai Tingkir.

Itulah kisah tentang Sunan Kalijaga yang berhasil menyelamatkan Si kecil Joko Tingkir saat masih bayi. Temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di radartegal.disway.id.*

Kategori :