5 Misteri Benda Pusaka Sunan Kalijaga yang Tersohor di Tanah Jawa, Kesaktiannya Bikin Banyak yang Mengincarnya

5 Misteri Benda Pusaka Sunan Kalijaga yang Tersohor di Tanah Jawa, Kesaktiannya Bikin Banyak yang Mengincarnya

Misteri Benda Pusaka Milik Sunan Kalijaga--

RADAR TEGAL-Pusaka-Pusaka Sakti Warisan Sunan Kalijaga dalam Sejarah dan Budaya. Indonesia kaya akan beragam budaya dan sejarah yang kental dengan nuansa spiritual.

Salah satu tokoh berpengaruh dalam sejarah Islam di Tanah Jawa adalah Sunan Kalijaga, yang terkenal tidak hanya karena peranannya dalam berdakwah, tetapi juga karena benda-benda pusaka sakti Sunan Kalijaga yang ia tinggalkan.

Dari beberapa banyak  kisah dan makna di balik pusaka-pusaka Sunan Kalijaga yang tetap memikat perhatian hingga saat kini.

Pada kali ini kita akan membahas apa saja benda pusaka Sunan kalijaga yang sudah tersohor di pulau jawa akan kesaktiannya serta yang mempunyai makna serta sejarah manarik tentunya.Berikut ini informasi lengkapnya.

BACA JUGA:Mitos Tersembunyi dari Jembatan Comal Pemalang, Penampakan Buaya Putih dan Tangisan Misterius Anak Kecil

Peninggalan Sunan Kalijaga

1.Rompi Ontokusumo

Pertama, rompi Ontokusumo adalah salah satu pusaka sakti yang mempunyai simbol perlindungan, tidak hanya dari serangan fisik, tetapi juga serangan spiritual. Pada saat melawan Nyi Roro Kidul Sunan Kalijaga menggunakan benda pusaka ini.

Selain itu,Rompi ini terbuat dari kulit kambing yang dirajah oleh Sunan Bonang menjadi pakaian sakti. Konsep perlindungan dari dunia gaib melalui rompi ini memperlihatkan kedalaman pandangan spiritual Sunan Kalijaga.

2.Keris Kiai Carubuk

Salah satu pusaka yang paling terkenal dari Sunan Kalijaga adalah Keris Kiai Carubuk. Dibuat oleh Mpu Supa Mandragi dari besi sebesar biji asam, keris ini bukan hanya senjata berdakwah, tetapi juga alat bertempur.

Kisah kemampuannya mengalahkan keris Setan Kober milik Arya Panangsang selama pemberontakan di Mataram menggarisbawahi kehebatannya. Selain itu,Hingga kini keris ini dijaga oleh keturunan Sunan Kalijaga di Demak, menjadi simbol kesaktian dan perjuangan.

BACA JUGA: 4 Mitos Tanaman Bambu Kuning yang Masih Dipercaya, Katanya Bisa Menarik Jodoh dan Penolak Bala

Sumber: