6 Makhluk Mitologi yang Ada di Indonesia, Punya Mitos dan Bentuk Menyeramkan

Senin 21-08-2023,13:28 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Konon, makhluk ini memiliki kemampuan spiritual yang murni dan bisa berubah hanya saat di tanah kelahirannya, serta jika dadanya bersentuhan dengan tanah.

4) Orang Bati

Mitos makhluk mitologi Indonesia berikutnya ini berasal dari Kepulauan Maluku. Konon, ia senang menculik anak-anak untuk menyantapnya.

Masyarakat percaya bahwa Orang Bati tinggal di Gunung Krakatau berwujud manusia, namun memiliki sayap mirip kelelawar. 

Konon juga teriakan Orang Bati sangat keras dan masih terus membuat masyarakat merasa ngeri dan masih terus meneror masyarakat.

5) Ahool

Ahool merupakan salah satu hewan atau makhluk mitologi di Indonesia yang konon mendiami Gunung Salak.

Ia dinamakan Ahool karena sering mengeluarkan suara ‘ahool’ yang begitu panjang. Konon, Ahool memiliki bentuk yang menyeramkan, yaitu merupakan kelelawar raksasa dan memiliki sayap yang lebarnya hampir 4 meter.

BACA JUGA : Mitos dan Misteri Ahool, Kelelawar Raksasa yang Konon Tinggal di Gunung Salak

Tidak hanya terkait dengan mitos kepercayaan masyarakat, beberapa peneliti juga menilai bahwa hewan ini adalah jenis reptil di masa dinosaurus yang masih bertahan hingga sekarang.

Perwujudan lengkapnya digambarkan memiliki kepala seperti kera, mata besar hitam namun bisa menyala merah di tengah kegelapan, memiliki cakar yang besar, dan tubuh dipenuhi bulu. 

Masyarakat juga percaya ia tinggal di pedalaman hutan yang tidak bisa terjamah manusia.

6) Leak

Mitos tentang makhluk mitologi Indonesia berikutnya ini sangat terkenal di Bali bahkan hingga mancanegara.

Leak digambarkan sebagai sosok yang senang berkeliaran di malam hari dan memiliki ilmu hitam. Konon juga ia dipercaya sering mendatangi kuburan untuk mencari organ tubuh manusia sebagai ramuan sihirnya.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Bali, leak bisa berubah dalam beragam wujud sesuai tingkat ilmunya. Mulai dari bentuk binatang hingga bola api. 

Kategori :