6 Makhluk Mitologi yang Ada di Indonesia, Punya Mitos dan Bentuk Menyeramkan

Senin 21-08-2023,13:28 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Makhluk mitologi di Indonesia yang akan dibahas pada artikel ini menyimpan mitos yang menyeramkan. Selain itu, fisik mereka digambarkan juga dalam bentuk yang cukup mengerikan. 

Mitos makhluk mitologi di Indonesia ini sudah dipercaya oleh masyarakat bahkan selama ratusan tahun. Ada juga sebagian yang mengaku pernah melihat sosok dari beberapa makhluk mitologi ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 makhluk mitologi di Indonesia beserta mitos yang konon menyeramkan. Simak ulasan tulisan kali ini hingga akhir artikel.

6 mitos makhluk mitologi di Indonesia

1) Garuda

Garuda dipercaya merupakan kendaraan Dewa Wisnu dalam ajaran agama Hindu. Makhluk mitologi ini memiliki wujud seperti manusia, namun berkepala seperti burung elang.

Mitos menyebutkan bahwa makhluk ini memiliki tubuh yang besar dan gagah perkasa. Tubuhnya konon berwarna emas, sementara wajahnya berwarna putih dengan sayap berwarna merah.

2) Lembuswana

Makhluk mitologi di Indonesia berikutnya ini menyimpan mitos bahwa ia merupakan penunggu sungai Mahakam.

Lembuswana merupakan makhluk yang menjadi simbol dan hewan suci dari Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Masyarakat percaya bahwa makhluk ini adalah kendaraan Dewa Bathara Guru yang diwujudkan seperti hewan berkepala singa bermahkota, memiliki belalai seperti gajah, sayap seperti garuda, dan memiliki sisik mirip ikan di tubuhnya.

BACA JUGA : 4 Mitos Menarik Orang Bati, Makhluk Mitologi Misterius di Maluku Bertubuh Monyet dengan Sayap Kelelawar

3) Cindaku

Makhluk mitologi berikutnya yang ada di Indonesia ini berwujud setengah manusia dan setengah harimau.

Berdasarkan legenda, Cindaku merupakan manusia harimau dari Jambi yang termasuk ilmu batin warisan nenek moyang masyarakat Kerinci.

Kategori :