Fitur Sanggah Aplikasi Cek Bansos dan Begini Cara Gunakan Tepat, Tidak Ada lagi Kasus Tidak Tepat Sasaran

Kamis 17-08-2023,21:33 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID -Sejak Febuary pemerntah melalui Kemensos RI terus melakukan bantuan sosial bagi masyarakat ekonomi  lemah yang membutuhkan.  Baik Bantuan Langsung  Tunai(BLT) PKH maupun Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT).

Bansos Salah Sasaran

Namun, di lapangan terkadang kerap kali ditemukan   salah sasaran lantaran banyak   data penerima program yang tidak   valid. Bahkan ironisnya   ada kepala desa dan ketua RW dikeroyok   oleh warga   karena warga   yang   mustinya layak diberikan justru tidak terdaftar dan tidak mendapat bansos.dari   pemerintah.

Di lapangan banyak oknum yang ingin menikmati menerima   bansos, meskipun tergolong mampu. Menariknya, ada juga warga yang seharusnya menerima bansos dari pemerintah. Sebaliknya, justru   tidak memperoleh bantuan sama   sekali karena   ada oknum menyalahgunakan namanya.

Melihat hal ini perlu segera bertindak agar tidak terus terulang lagi kemudian Kementerian meluncurkan fitur baru yang ada di aplikasi Cek Bansos.Penerima manfaat seharusnya mendapat bansos tetapi belum juga memperoleh bisa memakai fitur  sanggah.

Fitur   Sanggah dan Fungsinya

Fitur   sanggah yang ada di aplikasi   cekbansos merupakan pengembangan menu   baru   bernama Usul dan Sanggah. Fungsi Sanggah memperbaiki data penerima   bantuan sosial atau bansos karena selama ini   kerap terjadi eror atau kesalahan data dalam penyaluran bansos.

Cara Gunakan Fitur   Sanggah

Sebelum memberikan tanggapan dan sanggahan   Kemensos terlebih dahulu unduh aplikasi cek bansos kemudian tidak lupa registrasi. Login dengan user ID dan password   selanjutnya pilih menu tanggapan kelayakan.

Ada baiknya merespone   tanggapan memilih ikon jempol dan  Jempol menghadap ke bawah untuk   menilai tidak layak atau   jempol menghadap ke atas menilai sudah layak. Setelah itu baru membuat ulasan setelah memberi respon jempol dengan simbol menunjuk ke bawah.

Saat memberikan ulasan tulis mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT dengan menulis tanggapan singkat dan jelas kemudian klik kirim tanggapan.   Penting diketahui data yang berhasil diusulkan memuat NIK,nama, kesesuaian dengan Dupcapil    dan pengusul KK.

Nanti setelah terkirim data kemudian akan diverifikasi oleh Kemensos kemudian   dari fitur ini berharap   bisa   memaksimalkan   proses penyaluran bansos PKH. Kemudiian juga bantuan sosial BPNT di masa mendatang agar tepat sasaran   pada masyarakat yang membutuhkan.

Meski demikian terkadang ada   beberapa masalah membuat mereka penerima manfaat belum juga mendapatkan bantuan. Salah satunya   ada nama yang sama dalam satu    desa sehingga terlambat menerima bantuan kemungkinan orang lain yang memiliki nama   sama

Masih banyak lagi permasalahan yang   muncul ketika berlangsung penerimaan bansos kemudian mengalami kegagalan. Yakni perbedaan ejaan nama antara   KTP dengan buku tabungan atau terjadi   perbedaan NIK dan KTP dengan buku tabungan

Kasus lain membuat seseorang gagal menerima bantuan sosial PKH dan BPNT adalah dikategorikan mampu   padahal orang tersebut kurang mampu. Tidak diketahui secara pasti   kenapa   kerap kali muncul kasus   salah sasaran hingga   salah   data dalam DTKS.

Oleh karena itu   fitur usul perlu diadakan agar salah sasaran tidak terjadi lagi, jika belum memiliki usulan bisa langsung daftar usulan oleh pemilik akun. Pemilik   akun dapat langsung mendaftarkan diri atau   keluarga, masyarakat   lain pada tombol tambah usulan.

Pastikan sebelum melakukan   tambah usulan kirim foto yang jelas   KTP dan foto bagian depan rumah orang tidak mampu yang   dianggap layak   menerima bansos. Baru setelah   itu kirim tambah usulan pada tombol di aplikasi Cek Bansos dan itulah tadi ulasan singkat fitur sanggah aplikasi    Cek Bansos yang penting dipahami dan diketahui.*

Kategori :