Sebabkan Kerugian Hingga Rp150 Miliar, Polda Jateng Selidiki Peristiwa Kapal Terbakar di Pelabuhan Tegal

Selasa 15-08-2023,19:48 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Kebakaran yang melanda 52 kapal di Pelabuhan Jongor Kota Tegal, Senin 14 Agustus 2023 malam mengakibatkan kerugian hingga seratusan Miliar Rupiah. Karenanya, Polda Jawa Tengah mulai melakukan penyelidikan, utamanya untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut.

Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi mengatakan dari hasil identifikasi pihaknya, ada 52 kapal yang terbakar dalam peristiwa itu. Terkait kejadian kapal terbakar tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebabnya.

"Untuk kapal nelayan yang terbakar dalam kejadian itu, teridentifikasi sebanyak 52 unit,"katanya saat mendatangi lokasi kejadian Selasa 15 Agustus 2023 siang.

Menurut Kombes Pol Hariadi, saat ini pihaknya mengumpulkan keterangan para saksi. Nantinya, hasil penyelidikan tentang penyebab kebakaran akan disampaikan tim Labfor Polda Jateng.

"Terkait penyebab kebakaran ini harus disampaikan dari Tim Labfor Polda Jateng. Saat ini kita masih mengumpulkan keterangan para saksi,"katanya.

Selain memeriksa TKP, kata Kombes Pol Hariadi, kedatangan pihaknya juga untuk melakukan evaluasi terkait peristiwa kapal terbakar itu. Pasalnya, kejadian seperti itu sudah terjadi 3 kali di Kota Tegal.

Kombes Pol Hariadi menambahkan, pihaknya akan membahas penanganan kedepan. Sehingga, gerak kapal dan kegiatan bongkar muat bisa berjalan baik.

"Masih kita rumuskan untuk kita beri masukan agar kejadian tersebut tidak terulang,"ungkapnya. 

Menurutnya, rata-rata penyebab peristiwa kapal terbakar disebabkan faktor human eror. Selama ini, dari sejumlah pihak seperti Polairud, Polres dan TNI AL telah menyampaikan imbauan berulangkali.

"Kita, Polres dan TNI AL sudah berulangkali menyampaikan imbauan, tetapi tetap ada human eror,"tandasnya. 

Diungkapkannya, peristiwa kapal terbakar di pelabuhan Tegal telah menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Jika melihat taksiran per kapal Rp3 Miliar, maka totalnya mencapai Rp150 Miliar. ***

Kategori :