TMMD Sengkuyung di Tegal Selesai, Saluran Air 124,8 M Rampung Digarap

Kamis 10-08-2023,17:53 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap II di Kota Tegal telah selesai pelaksanaannya. Pada pelaksanaannya, telah menyelesaikan pembangunan saluran sepanjang 124,8 meter di Jalan Abdul Syukur RT 02 RW 12 Kelurahan Margadana.

Dalam laporannya, Perwira Pelaksana Kapten Arm. Suroso, mengatakan pembangunan saluran tersebut, meneruskan bangunan yang sudah ada. Adapun pelaksanaan Pra TMMD sendiri yakni, dari 24 Juni sampai dengan 8 Juli 2023.

"Sedangkan untuk pelaksanaan TMMD dari 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2023,"katanya.

Kapt. Soeroso mengatakan TMMD Sengkuyung Tahap II 2023 menyiapkan anggaran Rp419 juta. Itu, terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp217 juta dan dari Kota Tegal sebesar Rp202 juta.

Pandam IV/ Diponegoro Mayor Jenderal TNI, Widi Prasetijono dalam sambutan yang dibacakan Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Suratman mengatakan program TMMD adalah merupakan salah satu Program Bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Tujuan untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur. 

"Serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan,"ujar Pangdam.

Pangdam berpesan lima hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi. 

"Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini,"katanya.

Kemudian Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Keempat, kepada para Dansatgas, segera melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaannya untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang. 

"Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing. Serta perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan,"pungkasnya. ***

Kategori :