Buruan Cek NIK KTP, Jika Berciri seperti Ini Bisa Dapat BLT BPNT sampai Rp2,4 Juta Agustus 2023

Kamis 10-08-2023,11:31 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Kabar bahagia bagi  pemilik Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP tertentu seperti dalam artikel ini. Pemiliknya berkesempatan mendapatkan bansos BLT BPNT Rp2,4 juta Agustus 2023.

Apa saja ciri-ciri NIK KTP tertentu itu bisa disimak selengkapnya di sini dengan cara cek bansos sembako Agustus 2023.  BLT BPNT atau bansos sembako merupakan bantuan uang tunai yang dialokasikan pemerintah pusat.

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah memberikannya kepada masyarakat miskin atau non-miskin untuk meningkatkan perekonomian mereka.  BLT BPNT semula cair dalam bentuk bantuan pangan pokok.

Bansos itu sering disebut pula sebagai bansos sembako, yang disalurkan oleh e-warong dan bisa diambil menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Tetapi  pada tahun ini, mekanisme pencairannya diganti.

BLT BPNT yang semula berupa sembako, kini cair dalam bentuk uang tunai senilai Rp2,4 juta per tahun. Penyaluran kepada penerimanya dilakukan secara bertahap setiap bulan senilai Rp200 ribu.

Bansos BLT BPNT Rp2,4 juta

Untuk periode Juli dan Agustus 2023, pencairan BLT BPNT tersebut dalam bentuk uang tunai senilai Rp400 ribu. Alokasi bansos tersebut adalah untuk penerimaan proses penyaluran tahap 4, yakni penggabungan dua bulan pertengahan tahun ini.

Cara untuk mengetahui siapa saja penerima bansos tersebut, bisa dilakukan melalui beberapa cara. Untuk mengetahuinya penerima bansos sembako Agustus 2023 ini bisa diketahui secara online dan menggunakan HP.

Penerima bansos BLT BPNT Rp2,4 juta per tahun atau Rp400 ribu pada Agustus 2023 adalah  warga pemilik NIK KTP yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM), serta memenuhi syarat antara lain:

1. Berasal dari keluarga prasejahtera, baik miskin maupun non miskin.

2. Terdaftar di Daa Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

3. Bukan pemilik nomor eKTP yang berprofesi sebagai ASN, TNI, dan Polri.

4. Bukan penerima bantuan lain.

Sedangkan ciri-ciri NIK KTP yang bisa terdaftar sebagai penerima BLT BPNT Rp2,4 juta, antara lain:

1. Terdaftar di link cekbansos.kemensos.go.id.

Kategori :