Konon Jabatan Lengser, Inilah 5 Misteri Kota Kediri Pantangan bagi Presiden

Kamis 03-08-2023,21:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

RADAR TEGAL - Indonesia masih memiliki beberapa kota tertua yang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara. Salah satunya Kota Kediri yang kerap terkenal karena mitosnya dapat membuat Presiden lengser dari jabatannya. 

Kota Kediri menjadi salah satu tempat terlarang di Indonesia yang pantang untuk dikunjungi oleh Presiden RI. Masyarakat setempat percaya bahwa lengsernya beberapa Presiden di masa lampau terjadi karena adanya kutukan di kota ini. 

BACA JUGA:5 Misteri dan Mitos Kota Kediri: Warisan Memikat dalam Pesona Sejarah dan Kegaiban

Selain sebagai kota tertua ketiga di Indonesia, Kota Kediri sendiri memang diakui sebagai salah satu kota sakral. Selain itu, keberadaannya di antara Gunung Kelud dan Gunung Wilis menambah nilai mistisnya karena kedua gunung tersebut dipercayai mitosnya hingga saat ini.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu daerah unik yang ada di Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Melansir dari kanal youtube Larasati Channel berikut informasi mengenai mitos dan misteri di Kota Kediri

BACA JUGA:5 Fakta Unik Kabupaten Banyuwangi, Masternya Santet Sakti Indonesia

5 Misteri dan mitos Kota Kediri

1. Kutukan bagi kepala negara

Mitos lengsernya Presiden sebelum berakhirnya masa jabatan pasca berkunjung ke kota ini seringkali disangkutpautkan dengan kutukan dari Kartikea Singha. Tepatnya bermula dari penciptaan hukum pidana pertama di Nusantara. 

Pada saat itu, suami dari Ratu Shima tersebut menyusun Kitab Kalingga Dharmasastra sebanyak 119 pasal yang berisi tentang hukum pidana. Konon, ia juga mengutuk lengsernya pemimpin yang sejatinya tidak suci ketika memasuki wilayah Kediri. 

Mitos ini diperkuat dengan fakta masa lalu lengsernya ketiga Presiden setelah mengunjungi kota tersebut, seperti Soekarno, BJ Habibie, dan Gus Dur. Hal ini jugalah yang membuat Presiden setelah mereka pantang untuk datang ke sana. 

BACA JUGA:Hati-Hati! Harus Jaga Sikap Jika Berkunjung ke 7 Candi Paling Mistis di Indonesia

2. Buaya putih sungai brantas

Mitos hilangnya orang secara misterius di Sungai Brantas ini seringkali dipercayai sebagai ulah dari Badug Seketi yang meminta tumbal manusia. Konon, keberadaannya dikabarkan muncul di kawasan Jembatan Lama Kota Kediri. 

Anehnya, ada juga kabar yang beredar bahwa dulunya siluman buaya putih itu berhubungan baik dengan warga Kecamatan Kras hingga 1970-an. Dulunya, Badug Seketi selalu membantu hajatan masyarakat setempat. 

Kategori :