Awas! Jangan Sampai Kena Incar, Ini Dia 5 Fakta Unik Senjata Tradisional Mandau

Jumat 21-07-2023,18:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

Kalimantan terkenal sebagai daerah yang paling susah untuk Belanda taklukkan semasa penjajahannya di Indonesia. Tentunya ini tidak terlepas dari peran mandau yang digunakan orang-orang Dayak untuk melawan Belanda hingga akhirnya lari dari Kalimantan. 

BACA JUGA:Racunnya Mematikan! Begini Cara Suku Mentawai Membuat Senjata Tradisionalnya

4. Keindahan mandau

Wujud mandau berbeda dengan pedang-pedang tradisional lainnya karena hampir semua sisinya dihiasi oleh ukiran pola etnik yang sangat detail. Hal ini membuatnya menjadi cenderamata buruan wisatawan ketika berlibur ke Kalimantan.

Tentunya hiasan tersebut bukan hanya untuk unsur estetika saja, tetapi mempunyai makna khusus. Misalnya, hiasan dedaunan di bagian pegangan, ternyata mengandung manfaat khusus untuk mengusir hewan-hewan buas.

5. Kekuatan mandau

Asal kekuatan mistis mandau masih asing di mata orang awam. Konon, kekuatan mandau berasal dari kekuatan penyang yang merasukinya. 

Penyang ini sendiri seperti sebuah ajian atau kesaktian yang diperoleh dari para leluhur melalui pertapa. Namun, tidak semua mandau bisa dirasuki penyang karena menyesuaikan keahlian dari mandau itu sendiri. 

Demikian informasi mengenai 5 fakta unik senjata tradisional mandau. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui warisan budaya Indonesia berupa senjata tradisional.***

Kategori :