Kampung Madras Little Town India Di Medan, Begini Asal-Usul dan Kisah Perjalanan Sejarahnya

Kamis 20-07-2023,21:25 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID -Ketika mengunjungi daerah Melayu Deli  Kota Medan akan  menjumpai sebuah kampung. Sebagian besar  terdiri dari bangsa Tamil berkulit  gelap yang populer dengan sebutan Kampung Keling, Kampung Madras dan little India atau Kampung Madras Little Town India.

 Kampung Madras Little Town India di   Medan yang sebagian besar     masyarakat India yang datang ke Medan berasal dari etnis India Tamil.   Mereka umumnya berkulit keling atau hitam itulah mengapa   kemudian dahulu disebut   Kampung Keling.

Masyarakat Medan memang sejak lama   menyebut Kampung Madras dengan Kampung Keling. Lantaran orang-orang yang tinggal   di daerah tersebut   terdiri bangsa Tamil berkulit gelap.   Sejak itu masyarakat Medan menyebut Kampung Madras

Sejarah Kampung Madras

Terbentuknya   Kampung Madras di tengah   kota   Medan bermula sekitar abad   ke-19. Mereka sengaja   datang ke   Sumatera Utara   bekerja   sebagai kuli industri   perkebunan tembakau. Para pekerja perkebunan tidak hanya   orang India saja   melainkan sebagian orang China   dan orang Jawa.

Kedatangan   orang-orang India bukan sekedar   menjadi kuli    kemudian   mereka ada   juga yang   berdagang. Menarik   para pedatang berasal dari India yang bekerja sebagai pedagang   tinggal tidak menetap. Seiring bergulirnya   waktu jumlah   kuli perkebunan makin bertambah   banyak   setiap tahun hampir mencapai 3.200 lebih.

Datang   Mencari Peruntungan

Tidak   hanya mencari   pekerjaan sebagai kuli perkebunan untuk mendapat pekerjaan dan kehidupan layak. Mereka diduga datang ke   Sumatera Utara mencari peruntungan termasuk berdagang dan menyebarkan ajaran   Hindu   dan Budha.  

Setelah   peruntungan diperoleh seperti pekerjaan                    dan penghasilan kemudian mereka memutuskan   dan membangun pemukiman di   Kota Medan. Merantau sangat   jauh dari negara   asal mendorong mereka berinisiatif   membangun pemukiman.

Baik lokasi   perkebunan   maupun wilayah kota Medan dan sekitarnya kemudian dari  sinilah terjadi kulturasi dengan masyarakat setempat    seperti masyarakat Batak yang ada disana.

Terbentuknya   Kampung   Madras

Ketika orang-orang India Tamil   datang ke kawasan Sumatera Utara, tepatnya   Medan kehidupan sosial masih berpegang   teguh. Seiring bergulirnya waktu mereka   bisa beradaptasi dengan warga lokal   dengan baik.

Kemudian   dari Jalan Calcuta sekarang berganti menjadi Jalan Zainun Arifin   itulah sekarang menjadi tempat mereka tinggal. Jumlah bangsa Tamil menetap   di wilayah tersebut cukup banyak masyarakat Kota Medan menyebutnya Kampung Madras  populer   sebutan Little Town India       

Sudah lama masyarakat   Kota Medan menyebut pemukiman terletak kawasan Jalan Zainun Arifin. Dengan nama   Kampung Madras dengan Kampung Kelling mengingat orang-orang yang tinggal di daerah tersebut   sebagian bangsa Tamil.

Penuh dengan Nuansa India

Kampung Madras Little Town India di   Medan memang berbeda dari   kampung yang ada disekitarnya.    Lantaran ketika   masuk   kawasan kampung ini akan menjumpai suasana   kental  penuh dengan nuansa India .

Paling menonjol bangunan khas   di Kampung   Madras adalah kuil Sri Shri Mariamman   dan kuil   Subramaniem  yang arsitektur India kemudian keberadaan Masjid Ghaudiyah juga   gaya India. Selain bangunan ada hal menarik kehidupan wanita berpakaiian kain sari khas india begitu kaum laki-laki memakai sorban.

Masih banyak lagi hal menarik yang hanya   dijumpai di   Kampung Madras Little Town India . Seperti   perayaan Diwali yang digelar 5 hari berturut-turut di bulan Oktober-November. Tidak   ketinggalan kuliner khas   India antara lain nasi briyani,   kuah kari sampai roti   canai lezat.    

Kini, perkembangan Kampung Madras Little Town India di   Medan terus berkembang pesat, Masyarakat India di kampung tersebut menerima   warga   dari etnis lain berasal berbagai daerah.

Seperti Cina,, suku Aceh, suku Jawa maupun   Melayu dan itulah sekilas Kampung Madras Little Town India di   Medan. Dari asal-usul   sejarah sampai suasana kampung kental   nuansa India.*

 

 

Kategori :