Meski Terancam Punah, Swedia Izinkan Pemburuan Kucing Lynx hanya untuk Kesenangan?

Rabu 19-07-2023,10:07 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Berdasarkan aturan Europian Union Habitats Directive, pemburuan hewan diizinkan apabila untuk mencegah kerugian pada ternak maupun demi keselamatan publik. 

Sementara untuk kasus pemburuan kucing Lynx di Swedia, sebenarnya tidak alasan yang berkaitan dengan hal tersebut.

BACA JUGA:Ini Alasan Tulisan Dokter Sulit Dibaca dan Sering Disebut Cakar Ayam, Masuk Akal?

Nyaris tidak pernah ada laporan terkait kucing Lynx yang menimbulkan bahaya terhadap lingkungan maupun manusia.

Asosiasi pemburu Swedia menyebutkan bahwa pemburuan ini lebih kepada rasa puas pada batin si pemburu, alias hanya untuk kesenangan.

Biasanya, mereka akan melakukan pemburuan kucing Lynx saat musim kawin. Hal ini ditandai dengan menebalnya bulu kucing dari hari biasanya. Saat inilah yang menjadi kesenangan dan alasan utama si pemburu.

Penasihat asosiasi pemburu Swedia, Henrik Falk, membeberkan pernyataannya bahwa memang pembantaian atau pemburuan kucing Lynx di Swedia tanpa ada alasan apapun.

Pemburuan dilakukan tidak karena ada bahaya atau hal lain, melainkan hanya untuk kesenangan. Bagi para pemburu, kulit kucing Lynx menjadi daya tarik utamanya.

Terancam punah dalam 30 tahun ke depan

Spesies kucing Lynx termasuk predator terbesar ketiga di Eropa, setelah predator pertama yaitu beruang cokelat dan kedua adalah srigala. Kucing Lynx juga termasuk spesies kucing dengan jangkauan paling luas.

Beberapa waktu lalu, konservasionis telah memperingatkan jika populasi kucing Lynx di Eropa sudah hampir punah, kecuali ada tindakan untuk melindungi hewan satu ini.

BACA JUGA:Mengagumkan! Hewan Unik Ini Cuma Bisa Kamu Temui di indonesia

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terhadap kucing Lynx di Perancis, menunjukan bahwa genetik dari kucing ini keragamannya sangat rendah.

Maka dari itu, spesies kucing liar ini terancam punah dalam 30 tahun ke depan jika tidak dijaga. Apalagi, saat ini kucing Lynx sering menjadi pemburuan di Swedia.

Kepunahan mereka bisa terjadi juga akibat kekurangan makanan, perkawinan sedarah, hilangnya habitat asli, dan aktivitas manusia yang membuat populasi kucing Lynx berada di ambang kepunahan di awal abad lalu.

Hal-hal inilah yang menjadi faktor bahwa kucing Lynx bisa menjadi spesies kucing pertama yang punah dalam kurun waktu 2000 tahun terakhir.

Kategori :