Mengungkap 7 Fakta dan Mitos Seputar Uban, Dicabut Bikin Nambah Banyak?

Selasa 18-07-2023,09:44 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

BACA JUGA:Manusia Punya 7 Kembaran? Ini Fakta Doppelganger Alias Kembar Nyata Tidak Sedarah

Jika memang benar, maka bukan hal mustahil bisa mengembalikan rambut putih tersebut kembali hitam. 

6) Cat rambut permanen bisa tutupi uban

Fakta tentang cat rambut permanen bisa tutupi uban tidak benar sepenuhnya. Meskipun seseorang yang memiliki uban mengecat rambutnya dengan warna permanen, warna asli uban tetap akan terlihat setelah 24 kali dicuci.

Tidak masalah jika menggunakan cat rambut untuk menutupi uban, namun lebih baik lakukan hal ini secara berkala untuk tetap membuat rambut tersamarkan dari uban, serta lakukan perawatan khusus untuk menjaga rambut tetap sehat.

7) Merokok bisa memicu uban

Fakta merokok bisa menjadi pemicu uban ini memang benar dan bukan mitos belaka. Merokok bisa menjadi penyebab tumbuh uban.

Hal ini dikarenakan rokok mengandung radikal bebas yang diduga menyebabkan stres oksidatif pada melanosit, sel yang memproduksi melanin, serta mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tersebut.

Merokok juga bisa membuat penyempitan pada pembuluh darah, aliran darah menuju folikel rambut jadi berkurang, sehingga rambut lebih mudah rontok.

Itulah 7 fakta dan mitos tentang uban yang harus diketahui. Jika tumbuh uban dikarenakan faktor genetik, maka tidak bisa dihindari. Namun, bisa mengimbanginya dengan menjaga pola hidup dan makan yang sehat untuk menghambat pertumbuhan uban. (*)

Kategori :