Bangkai Kapal Titanic Terungkap Setelah 111 Tahun Tenggelam, Begini Kondisinya

Sabtu 20-05-2023,20:46 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

JAKARTA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Jika kamu salah satu penggemar film Titanic, info ini pasti menarik untuk kamu simak. Karena kondisi bangkai kapal tersebut akhirnya terungkap setelah 111 tahun.

Potret bangkai kapal Titanic sebelumnya tidak pernah terlihat. Diketahui bangkai kapal tersebut berada di kedalaman 3.800 meter. 

Namun, dengan menggunakan pemetaan lautan dalam, bangkai kapal Titanic bisa terlihat. Hal itu terlihat dalam kondisi 3D tanpa air laut di sekelilingnya.

Park Stephenson, seorang analis Titanic menyebut jika hal ini adalah salah satu langkah besar pertama untuk mengarahkan kisah Titanic ke arah penelitian berbasis bukti-bukti dan bukan spekulasi.

Park Stephenson yang telah lama mempelajari Titanic mengaku sangat terpesona saat pertama kali melihat pemindaiannya.

“Ini memungkinkan Anda untuk melihat bangkai kapal karena Anda tidak pernah dapat melihatnya dari kapal selam, dan Anda dapat melihat bangkai kapal secara keseluruhan. Anda dapat melihatnya dalam konteks dan perspektif. Dan apa yang ditunjukkannya kepada Anda sekarang adalah keadaan sebenarnya dari bangkai kapal itu,” katanya.

BACA JUGA:Akhirnya, OpenAI Luncurkan Aplikasi ChatGPT Resmi untuk iOS

Menurutnya, mempelajari pemindaian kapal Titanic memberinya banyak wawasan baru tentang apa yang terjadi pada malam nahas di tahun 1912 itu. Selain itu ia juga bisa mengungkapkan mekanisme bagaimana kapal tersebut menghantam dasar laut.

“Kami benar-benar tidak memahami karakter tabrakan dengan gunung es. Kami bahkan tidak tahu apakah dia menabraknya di sisi kanan, seperti yang ditunjukkan di semua film, dia mungkin mendarat di gunung es," tambahnya.

Harapannya, pemodelan ini bisa membantu memecahkan misteri kecelakaan yang menimpa kapal itu saat tenggelam tahun 1912.

Setidaknya lebih dari 1.500 orang tewas ketika kapal menabrak gunung es saat berlayar dari Southampton menuju New York, Amerika Serikat.

“ Masih ada pertanyaan, pertanyaan mendasar yang perlu dijawab tentang kapal itu,” katanya. 

Titanic telah dieksplorasi secara ekstensif sejak bangkai kapal itu ditemukan pada tahun 1985. Namun, saat itu ukurannya sangat besar sehingga kamera hanya mampu menunjukkan sebagian foto bangkai kapal.

Pemindaian terbaru ini berhasil menangkap bangkai kapal secara keseluruhan dan memperlihatkan tampilan Titanic. Terdapat dua bagian dengan haluan dan buritan terpisah sekitar 800 meter, serta puing-puing yang rusak mengelilingi kapal. 

BACA JUGA:Dampak Adanya Artificial Intelligence (AI): Apakah Akan Gantikan Manusia di Masa Depan?

Kategori :