4 Tugas dan Ciri Ban Motor yang Wajib Anda Tahu di Jalanan Basah dan Kering

Sabtu 15-10-2022,10:33 WIB
Reporter : Adi Mulyadi
Editor : Adi Mulyadi

Ciri ban tipe basah akan banyak alur di seluruh permukaannya. Alur ini bertujuan untuk mempermudah jalur air keluar dengan cepat dari lintasan ban yang akan dilaluinya. 

Makin banyak alur dan makin cepat air terbuang kesamping, maka ban memiliki banyak kesempatan memperoleh traksi ke permukaan aspal.

Adapun ban yang mengkombinasikan 2 kondisi jalanan diatas, cirinya memiliki pola kembangan berbentuk seperti huruf V atau Y. 

Ban dengan desain ini telah diuji mampu melewati jalanan kering dan basah. Motif ban seperti ini juga mampu mengurangi risiko hydroplaning/aquaplaning.

Ban semi slick dan slick memiliki traksi atau grip yang kuat dan mumpuni untuk permukaan aspal yang kering.

Sayangnya tidak mampu membuang air dari lintasannya dengan aman. Selain itu perhatikan pola tapak ban yang sangat mempengaruhi juga dalam kemampuan ban. 

Tapak Ban Offroad yang cenderung berbentuk knobby berbeda dengan kemampuan tapak ban touring bahkan Ban Sport (Semi Slick).

“Tekanan ban penggunaan harian selalu dipantau sesuai dengan anjuran tekanan ban yang sudah disarankan oleh pabrikan melalui informasi dibuku pedoman pemiliki atau stiker panduan tekanan ban, sangat membantu ban menjaga performanya supaya selalu aman,” jelas Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng. (*)

Kategori :