4 Tugas dan Ciri Ban Motor yang Wajib Anda Tahu di Jalanan Basah dan Kering

Sabtu 15-10-2022,10:33 WIB
Reporter : Adi Mulyadi
Editor : Adi Mulyadi

SEMARANG, radartegal.com - Ban merupakan komponen yang menghubungkan antara motor dengan permukaan jalan. 

Ban tidak sendirian dalam mengerjakan tugasnya.

Dalam bekerja, ban dibantu velg berpalang atau ruji yang kemudian berpasangan dengan teromol dan sistem peredaman serta kemudi.

Ada empat tugas ban yang harus dikerjakan selama motor dikendarai. Yaitu merubah dari gaya putar menjadi gaya dorong atau melambat untuk mengerem.

Meredam awal gelombang jalanan sebelum suspensi, sekaligus memanfaatkan sifat elastis karet sehingga fleksibel menempel dipermukaan.

Mendukung motor untuk pengendalian dan mengarahkan motor, sehingga selain elastis juga mampu mempertahankan dinding ban agar tetap presisi saat berbelok, mampu menahan beban kendaraan dan pengendaranya, serta mendapat beban lebih saat peristiwa mengerem akibat gaya inersia hingga 70 persen beban tambahan ke roda depan.

Selain itu, ban harus memiliki kemampuan mempertahankan melekat atau traksi ke permukaan jalan agar pengendalian tetap presisi atau tidak tergelincir. 

Dalam hal berkendara dalam kondisi basah, permukaan ban harus memiliki jalur pembuangan supaya air tidak terjebak didalam lintasan ban.

Atau ban berjalan diatas air, yang dikenal peristiwa hydroplaningaquaplanning yang menyebabkan kacaunya keseimbangan dan arah pengendalian.

Saat ini produsen ban banyak menyediakan pilihan dan kebutuhan permukaan yang akan dilalui.

Mulai dari khusus kering hingga khusus basah atau bisa keduanya agar memiliki kemampuan ganda. 

Lalu, bagaimana cara membedakan ban ini?

Ban tipe kering dimulai dari yang tidak memiliki alur permukaan hingga memiliki sedikit alur ban. 

Permukaan yang semakin sedikit alur akan berdampak traksi atau cengkraman ban yang menempel ke aspal lebih optimal. 

Ban ini tidak bisa membelah genangan air dengan sempurna dan sangat tidak cocok digunakan dipermukaan aspal kondisi basah.

Kategori :