Dua Hari Menjelang Idul Adha, Pasar Hewan di Kota Tegal Disemprot Disinfektan Cegah PMK

Jumat 08-07-2022,15:01 WIB
Reporter : Teguh Mujiharto
Editor : Khikmah Wati

Dua hari menjelang perayaan Idul Adha yang jatuh pada Minggu (10/7) mendatang, pasar hewan tradisional yang ada di Kota Tegal disemprot cairan Disinfektan pada Jumat (8/7) siang. 

Langkah itu dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak yang akan dijadikan hewan kurban.

Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Wibowo Saputra mengatakan, penyemprotan dilakukan pihaknya bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP). 

Kegiatan penyemprotan sendiri dilakukan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK. 

"Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerja sama dengan puskeswan untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak," ungkapnya.

Selain penyemprotan disinfektan, kata Kompol Wibowo, juga dilakukan pemeriksaan hewan ternak dan pemberian vitamin oleh dokter hewan. 

Tujuannya, untuk menjamin hewan ternak yang ada di pasar hewan Kota Tegal dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.

"Kegiatan ini juga dilakukan karena menjelang pelaksanaan hari raya Idul Adha. Di mana hewan yang diperjualbelikan untuk kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK," tandasnya.

Selain itu, imbuh Kabag Ops, pihaknya juga melakukan pemantauan hewan ternak secara rutin. Itu, dilakukan di kandang peternakan hewan yang ada di wilayah Kota Tegal. 

"Pemantauan di wilayah juga terus dilakukan polsek jajaran untuk mengetahui ada tidaknya hewan ternak yang terindikasi PMK. Sehingga apabila ditemukan bisa segera dilakukan penanganan," pungkasnya. (muj/ima)

Kategori :