Antisipasi Pengunjung Membludak, Akses ke Wisata Laut di Tegal Dibuka Tutup

Minggu 02-01-2022,13:40 WIB

Akses menuju sejumlah kawasan obyek wisata di Kota Tegal dibuka tutup. Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan memasuki hari kedua libur tahun baru, personelnya melakukan pengamanan dan patroli di sejumlah obyek wisata, Minggu (2/2).

Upaya itu dilakukan untuk memantau aktifitas masyarakat yang berkumpul dengan keluarga untuk menikmati hari libur tahun baru. 

"Kegiatan dilaksanakan dengan menyisir destinasi obyek wisata air seperti di Pantai Alam Indah, Pantai Pulau Kodok, Pantai Muarareja Indah dan Water Park," katanya. 

Menurut Kapolres, pihaknya menerapkan sistem buka tutup akses masuk tempat wisata selama liburan tahun baru. Itu, sebagai langkah antisipasi terjadinya kerumunan dan terjadinya cluster penyebaran virus Covid-19. 

"Kita sudah menempatkan personel untuk melakukan penjagaan di obyek wisata yang ada. Serta melakukan sitem buka tutup dipintu masuk tempat wisata,"ujarnya. 

Kapolres menyebutkan petugas yang berjaga di pos pengamanan akan memantau kondisi keramaian di tempat wisata itu. Jika melebihi kapasitas, maka pihaknya akan melakukan penutupan akses masuk. 

"Kalau sudah penuh, maka saya sudah perintahkan anggota jaga untuk menutup akses masuk guna menghindari kerumunan," jelasnya. 

Selain itu, imbuh Kapolres, pihaknya juga memantau kegiatan masyarakat khususnya di bibir pantai. Serta saling berkoordinasi dengan Pospam Terpadu Obyek Wisata untuk menyiapkan sarana dan prasarana antisipasi apabila terjadi laka laut. 

"Sebagai upaya pengamanan tak lupa kita memberikan himbauan kepada petugas parkir untuk tetap waspada terkait tindak kriminalitas curanmor di obyek wisata," tandasnya. (muj/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait