Tak Antre Lagi, Bayar Tol Tanpa Berhenti Akan Mulai Diterapkan Desember 2022 Nanti

Kamis 30-12-2021,09:05 WIB

Penerapan bertahap sistem transaksi alias bayar tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan dimulai Desember 2022 mendatang. Target waktu penerapan itu diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (29/12).

Rencananya sejumlah ruas tol di Jabodetabek akan menjadi yang pertama penggunaan sistem bayar tol nirsentuh itu. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah memiliki beberapa kriteria ruas tol yang akan menerapkan sistem transaksi tersebut.

"Implementasinya ditargetkan akan dimulai Desember 2022 nanti," kata Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Kementerian PUPR, Galuh Permana Waluyo, Rabu (29/12).

Galuh menambahkan untuk implementasi secara penuh sistem bayar tol nirsentuh ditargetkan paling lambat hingga September 2023. Adapun implementasi akan dilakukan secara bertahap dan menggunakan gerbang tol yang sudah ada.

"Kami tetap menggunakan gerbang-gerbang tol yang eksisting sebagai transaksi free flow untuk tahapan piloting-nya nanti," ujarnya.

Galuh menjelaskan Jabodetabek akan menjadi ruas tol pertama yang menggunakan sistem bayar tol nirsentuh. BPJT sendiri sudah memiliki beberapa kriteria ruas tol yang akan menerapkan sistem transaksi tersebut.

"Terkait berapa ruas tol yang akan diimplementasikan mungkin sampai saat ini kami masih melakukan exercise," ungkapnya.

Menurut Galuh, salah satu manfaat penerapan sistem bayar tol nirsentuh adalah menghilangkan kemacetan di gerbang tol, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan.

"Implementasi bayar tol nirsentuh di jalan tol juga dapat menekan polusi dan emisi karbon," pungkasnya. (der/ant/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait