Dinkes Brebes Tunggu Juknis Terkait Vaksinasi Anak Usia 6 Sampai 12 Tahun

Kamis 18-11-2021,22:47 WIB

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait vaksinasi terhadap anak usia 6 sampai 12 tahun. 

Saat ini, dinkes masih fokus vaksinasi terhadap anak usia 12 tahun ke atas, serta masyarakat umum dan lanjut usia (lansia). 

Plt Kepala Dinkes Brebes dr Sri Gunadi Parwoko mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu juknis dari Kementerian Kesehatan terkait vaksinasi buat anak usia 6 sampai 12 tahun. Termasuk, jatah dropping dosis vaksinasi yang akan digunakan khusus anak-anak tersebut. 

"Masih menunggu juknisnya, yang jelas, saat ini kita fokus ke vaksinasi lansia dan masyarakat umum," ungkapnya, Kamis (18/11). 

Dijelaskannya, vaksinasi terhadap anak di bawah 12 tahun itu masih harus menunggu rekomendasi dan keputusan BPOM sebagai penetapan. Sebab, penggunaan semua kandungan dan potensi risiko efek samping pascavaksinasi bagi anak masih dipertimbangkan. Terutama, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) masih perlu kajian khusus. 

"Kemungkinan pelaksanaan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun itu akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang," jelasnya. 

"Yang jelas saat ini kita masih menunggu juknis pelaksanaannya. Jika sudah ada, nanti kita sosialisasikan ke masyarakat," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait