Belasan Atlet Akan Wakili Brebes di Popda Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Jumat 29-10-2021,07:26 WIB

Sedikitnya ada 16 atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Brebes 2021 akan melanjutkan kiprahnya tingkat provinsi. 

Atlet tersebut akan mewakili Brebes di popda tingkat provinsi lantaran telah menyandang gelar juara Popda tingkat kabupaten tahun ini. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Sutrisno mengungkapkan, berdasarkan hasil kompetisi delapan cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun ini, semuanya sudah terjaring dan ada 16 atlet juara terbaik tingkat kabupaten. Yakni, delapan putra dan delapan putri dari masing-masing cabor yang dilombakan. 

"Untuk itu, sebagai kesiapan dalam menghadapi PON tingkat provinsi, para pemenang Popda 2021, akan menjalani pemusatan latihan setahun. Baru, tahun 2022 mewakili Brebes di tingkat provinsi," ungkapnya. 

Dijelaskannya, ke 16 atlet dari delapan cabor, lanjut Sutrisno, meliputi Juara 1 putra putri Taekwondo, Karate dan Pencak Silat yang digelar virtual. Kemudian, untuk lima cabor lainnya yakni Panahan, Atletik, Tenis Lapangan, Tenis Meja dan Bulutangkis, masing-masing, diwakili dua atlet juara satu putra dan satu putri. 

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Fajar Adi Widhiarso menyampaikan, pelaksanaan Popda 2020 dan 2021 diakui berbeda dengan Popda tahun sebelumnya. Sebab, selain cabor yang dilombakan berkurang pelaksanaannya juga disesuaikan. 

Khusus cabor bela diri digelar secara virtual untuk menghindari kerumunan. Sedangkan, untuk cabor olahraga tanding dipilih yang hanya menandingkan individual. 

"Prokes ketat, menjadi syarat mutlak pelaksanaan Popda pandemi. Termasuk, kategori yang dilombakan bukan jenjang sekolah. Tapi, mengacu kategori umur sehingga SMP bisa bersaing dengan SMA," ungkapnya. 

Fajar Adi Widiarso menambahkan, menghadapi Popda tingkat provinsi yang akan digelar 14 November mendatang. Pihaknya mengaku, sudah menyiapkan atlet terbaik dari juara Popda 2020. Sebab, semua atlet yang akan diterjunkan sebagai Kontingen Brebes sudah mengikuti Training Centre. Termasuk, tinggal mematangkan persiapan melalui latih tanding (sparing partner-red).(ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait