Siap-siap, Polisi Akan Suntik Vaksin Door to Door ke Semua Rumah Warga

Kamis 12-08-2021,05:50 WIB

Polda Metro Jaya mengejar target 100 persen vaksinasi warga DKI Jakarta. Upaya yang akan dilakukan adalah vaksinasi door to door ke setiap rumah warga.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan melakukan vaksinasi "door-to-door". Aksi ini dilakukan sebagai bagian dari program Vaksinasi Merdeka untuk mencapai target 100 persen vaksinasi di Jakarta.

"Kita inovasi lagi, nanti akan kita laksanakan jemput bola, door to door dasarnya," katanya, Rabu (11/8).

Berdasarkan data yang dimilikinya, masih ada sekitar 311.122 warga Jakarta yang belum mendapatkan vaksinasi. Karenanya sistem door-to-door disiapkan untuk memastikan 100 persen warga Jakarta telah divaksin untuk mencapai "herd immunity" (kekebalan kelompok).

Dijelaskannya, pelaksanaan Vaksinasi Merdeka "door-to-door" akan mengedepankan data dari RT, RW dan relawan vaksinasi yang dikirimkan ke rumah warga yang tidak bisa mendatangi gerai vaksinasi.

"Pendataan dari tiap-tiap RT dan RW. Sebab hanya RT dan RW yang tahu siapa warganya yang belum divaksin dan sudah divaksin," tambahnya.

Polda Metro Jaya mengatakan Program Vaksinasi Merdeka berhasil mendongkrak angka pemberian vaksin di DKI Jakarta ke angka 96,5 persen.

Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok 100 persen di Ibu Kota.

Polda Metro Jaya menyebut Jakarta telah mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity berdasarkan rujukan 70 persen warga telah divaksin yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO).

"Menurut WHO 70 persen, hari ini Jakarta sudah sekitar 95,5 persen, sudah melewati herd immunity WHO," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (11/8).

Yusri mengatakan, Program Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya juga berhasil mendorong Jakarta menjadi provinsi dengan angka vaksinasi tertinggi di Indonesia.

"Jakarta sekarang dalam program percepatan vaksinasi, se-Indonesia Jakarta ini nomor satu. Alhamdulillah," ujarnya. (gw/zul/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait