Kereeen... Cegah Korosi, Jembatan di Kabupaten Tegal Dicat Warna-warni

Kamis 24-06-2021,10:30 WIB

Sejumlah jembatan di Kabupaten Tegal dicat warna-warni Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Tak hanya untuk membuat menarik, tapi juga untuk mencegah korosi. 

Kepala DPU Kabupaten Tegal, Hery Suhartono melalui Kabid Jalan dan Jembatan, Muhamad Nuh, Kamis (24/6) mengatakan, pengecatan yang dilakukan DPU Kabupaten Tegal itu sejalan dengan visi misi bupati. Yakni, memperkuat daya saing melalui pembangunan infrastruktur yang handal, berkualitas dan terintegrasi serta berwawasan lingkungan.  

Pengecatan jembatan rangka baja merupakah salah satu bentuk perawatan jembatan yang sangat diperlukan untuk melindungi jembatan dari korosi. Selain itu, juga sebagai upaya guna memberikan perlindungan terhadap elemen baja.

Beberapa faktor yang mempengaruhi elemen tersebut adalah faktor alam, suhu dan lainnya. Dalam pekerjaan ini elemen baja yang mempunyai tingkat kerusakan tinggi harus diprioritaskan.

"Ada empat jembatan yang dicat di tahun ini. Bahkan bulan ini (Juni) sudah selesai," katanya.

Empat jembatan itu, tambah Muhamad Nuh, adalah Jembatan Kaligung Kagok di ruas jalan Slawi-Bogares dengan bentang jembatan sepanjang 60 meter dan lebar jembatan 7 meter. Kemudian Jembatan Kaligung Kendal Serut di Ruas Jalan Kendal Serut- Procot dengan bentang jembatan sepanjang 60 meter dan lebar jembatan 7 meter.

Lalu Jembatan Kaligung Grobog Kulon di ruas jalan Tembok Luwung Grobog Kulon dengan bentang jembatan sepanjang 60 meter dan lebar jembatan 7 meter. Selanjutnya Jembatan Kaligung Penusupan yang berada di ruas jalan Penusupan-Dukuh Salam dengan bentang jembatan sepanjang 60 meter dan lebar jembatan 7 meter. 

Kegiatan pengecatan rangka jembatan ini sesuai dengan visi misi kedua bupati. "Yakni  memperkuat daya saing melalui pembangunan infrastruktur yang handal, berkualitas dan terintegrasi serta berwawasan lingkungan. Termasuk juga untuk mewujudkan infrastruktur yang berestetika," tambahnya. 

Selain mewujudkan infrastruktur yang berestetika, lanjut Muhamad Nuh, juga mendasari visi misi bupati, pengecatan rangka jembatan juga bertujuan untuk meningkatkan kondisi jembatan serta memantapkan kestabilan rangka jembatan.

Rangka jembatan yang dicat setidaknya mengurangi korosi besi rangka sehingga menambah umur rencana konstruksi jembatan. (adv/guh)

Tags :
Kategori :

Terkait