Peringati Hari Jadi Pemkab Tegal, Bupati Ziarah ke Makam Leluhur

Jumat 09-04-2021,20:49 WIB

Bupati Tegal Umi Azizah bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) melakukan ziarah ke makam para leluhur di Kabupaten Tegal. 

Ziarah makam ini dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tegal yang ke-420 tahun.

Umi Azizah, Jumat (9/4) mengatakan, ziarah ke makam para leluhur dilakukan secara terbatas, hanya diikuti pejabat tertentu saja. Diawali dari Makam Ki Gede Sebayu yang berada di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang. 

Meski kegiatan dilaksanakan secara sederhana karena pandemi Covid-19, tetapi acara tetap berjalan dengan khidmat. 

"Cara ini adalah bagian merawat warisan para leluhur Kabupaten Tegal. Meski dibatasi dan sederhana, kita masih bisa mendoakan para leluhur yang sudah mendahului kita," katanya. 

Pandemi Covid-19, tambah Umi Azizah, bukan halangan untuk mendoakan para leluhur. Hari jadi Kabupaten Tegal ke-420 dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan optimisme kebangkitan khususnya pada perekonomian.  

"Sudah satu tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dan sudah saatnya bangkit dari keterpurukan itu. Hal ini sejalan dengan tema hari jadi tahun ini Kabupaten Tegal Bangkit," tandasnya. 

"Saya juga mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun. Di samping itu mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan," tambahnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, melalui Kasdim Mayor Cba Eko Budi Sarjono menyampaikan, di usia barunya yang ke-420, Kabupaten Tegal dapat semakin maju dan sukses. 

"Semoga kekompakan yang ada pada para leluhur dapat dijadikan contoh masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Tegal. Semoga dengan adanya ziarah menjelang bulan Ramadan ini bisa mendapatkan berkah," pungkasnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait