Kali Bancang Meluap, Jalan dan Rumah di Kecipir Brebes Terendam

Jumat 12-02-2021,19:42 WIB

Hujan yang turun sejak pukul 18.00 WIB, Kamis (11/2) malam, hingga Jumat dini hari membuat Kali Bancang yang berada di Desa Kecipir Kecamatan Losari meluap. Akibatnya, jalanan dan sejumlah rumah di desa tersebut terendam banjir. 

Sekretaris Desa (Sekdes) Kecipir Sukarna mengatakan, wilayah yang terendam banjir akibat meluapnya Kali Bancang yakni RT 03 RW 02. D
Banjir tersebut merendam jalan poros desa dan beberapa rumah juga ikut terendam. 

"Meluapnya Kali Bancang juga menggenangi sejumlah tambak. Kurang kebih ketinggian mencapai 40 centimeter akibat meluap Kali Bancang ini," ujarnya. 

Diungkapkannya, hingga saat ini air masih menggenangi ruas jalan poros tersebut. Bahkan, kata dia, jika malam ini hujan kembali turun dengan intensitas tinggi, dimungkinkan banjir akan kembali merendam jalan poros dan beberapa rumah. 

"Kalau nanti malam hujan lagi, kemungkinan air akan kembali meluap. Dan dimungkinkan, banjir akan kembali terjadi," ungkapnya. 

Karenanya, dirinya berharap kepada pemerintah ada penanganan serius dari kejadian tersebut. Salah satunya, kata dia, diharapkan adanya pengerukan sedimentasi di kali tersebut. Sehinga, kali tersebut tidak terlalu dangkal. 

"Dimungkinkan kali yang sudah dangkal dan hujan deras menjadi penyebab air kali tersebut meluap. Untuk itu, kita harapkan adanya pengerukan sungai tersebut," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait