Siapkan 13 Tempat Vaksinasi, Selain Nakes Ada 10 Pejabat di Kota Tegal yang Akan Disuntik Vaksin Tahap I

Jumat 15-01-2021,08:40 WIB

Pemkot Tegal telah menyiapkan 13 lokasi vaksinasi Covid-19 yang dijadwalkan 4 Februari 2021 mendatang. Hal ini dikatakan Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Kardinah dan RSUI Harapan Anda, Kamis (14/1).

Menurutnya, untuk Kota Tegal vaksinasi akan dilakukan 4 Februari mendatang, dengan memprioritaskan para tenaga kesehatan (nakes), termasuk jajaran Forkopimda.

''Saat ini kami bersama Sekda dan kepala Dinkes sidak ke RSUD Kardinah dan RSUI Harapan Anda untuk memantau dan melihat kesiapan tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi vaksinasi,'' ujarnya.

Tahap pertama, lanjutnya,vaksin untuk ada 1.420 tenaga medis, 10 diantaranya pejabat publik. Mereka yang akan divaksin syaratnya harus sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan.

''Untuk lokasi vaksinasi, selain di tiga rumah sakit, juga ada delapan puskesmas serta dua klinik yang nantinya akan menjadi tempat bagi masyarakat untuk vaksinasi. Totalnya 13 lokasi,'' katanya.

Jumadi menyebut 13 tempat ini untuk melayani masyarakat Kota Tegal. Mudah-mudahan ke depan saat pelaksanaan vaksinasi berikutnya tidak ada kendala.

''Untuk masyarakat umum silakan mendaftar. Namun tidak serta-merta mereka bisa langsung divaksin. Sebab ada beberapa persyaratan, apakah sehat atau tidak. Terlebih, nanti ada screaning,'' ungkapnya.

Sementara, total vaksin berjumlah 1.420 untuk masyarakat umum belum bisa masuk dalam tahap pertama. Hal ini karena mengutamakan petugas medis sebagai garda depan penanganan Covid-19.

''Rekan-rekan wartawan bisa juga divaksin. Karena wartawan juga garda depan untuk menyampaikan informasi terkait Covid-19. Nanti kalau wartawannya sakit, siapa yang meliput?'' tanyanya. (gus/wan/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait