Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Tembus 210 Kasus, 16 Orang Meninggal Dunia

Kamis 24-09-2020,07:30 WIB

Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tegal kembali bertambah. Hingga, Rabu (23/9) malam, ada 18 orang lagi yang terkonfirmasi positif virus corona, di mana seorang di antaranya meninggal dunia.

Dengan penambahan itu, akumulasi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal menjadi 210 kasus. Perkembangan terakhir update penderita Covid-19 di Kabupaten Tegal itu diungkapkan Jurubicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal, dr. Joko Wantoro, Rabu (23/9) malam.

dr. Joko mengatakan dari penambahan kasus konfirmasi tersebut, Satgas Covid-19 menemukan ada tiga klaster keluarga. Pertama adalah klaster penularan dari warga Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi, berinisial M (65) yang meninggal dunia, Rabu (9/9) lalu.

Hasil penelusuran kasus M, ditemukan empat orang kontak eratnya yang tinggal serumah positif terpapar Covid-19. Keempatnya kini tengah menjalani isolasi mandiri. 

Klaster kedua, beber dr. Joko, adalah tiga orang warga Desa Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang sebagai kontak erat pasien Covid-19 berinisial W (62). Ketiganya kini menjalani isolasi mandiri, termasuk W yang sempat menjalani perawatan di RSUD dr. Soeselo Slawi. 

Sementara klaster ketiga adalah dua orang warga Desa Dukuhbenda Kecamatan Bumijawa yang saat ini juga sedang menjalani isolasi mandiri. Keduanya merupakan kontak erat, sekaligus bagian dari klaster penularan pasien positif berinisial R (64).

Pasien R sendiri kini sudah dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan di RSUD dr. Soeselo Slawi. dr. Joko menambahkan pihaknya menemukan dua kasus konfirmasi baru dari satu orang kontak erat pasien Covid-19 berinisial VY (50), asal Desa Lebaksiu Lor Kecamatan Lebaksiu.

Keduanya masing-masing seorang warga Desa Pandawa dan Desa Lebaksiu Lor Kecamatan Lebaksiu. Mereka pun sedang menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan VY sudah dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan di RSI Harapan Anda Tegal. Sementara seorang warga Desa Jatimulya Kecamatan Lebaksiu juga positif terpapar virus corona baru, dan tengah dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi. 

"Dua kasus konfirmasi baru lainnya adalah dua warga Kecamatan Dukuhturi. Keduanya kini dirawat di RSI Harapan Anda Tegal," ungkap dr. Joko.

Selain itu, ada juga dua orang terkonfirmasi asal Kabupaten Tegal yang tengah menjalani perawatan di RSI PKU Muhammadiyah, Singkil, Adiwerna. Mereka adalah seorang warga Desa Danaraja Kecamatan Margasari dan seorang warga Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna.

Sementara satu kasus Covid-19 asal Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang menjalani isolasi mandiri. dr. Joko menambahkan satu kasus konfirmasi tercatat meninggal dunia, Rabu (9/9) lalu.

Sebelum meninggal, pasien berinisial S (58), asal Desa Maribaya Kecamatan Kramat ini sempat menjalani perawatan selama dua hari di RSUD Suradadi sebagai suspek. Dari akumulasi 210 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal saat ini, 127 orang dinyatakan sembuh, 67 orang sedang dirawat di rumah sakit, dan 16 orang meninggal dunia. (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait