Tanpa Kimia! Ini 7 Rekomendasi Tanaman Herbal untuk Meredakan Nyeri Menstruasi secara Alami

Tanpa Kimia! Ini 7 Rekomendasi Tanaman Herbal untuk Meredakan Nyeri Menstruasi secara Alami

TANAMAN CHAMOMILE - Dengan memanfaatkan tanaman herbal untuk meredakan nyeri menstruasi, nyeri menstruasi bisa diringankan lebih baik, memberikan kenyamanan tanpa obat kimia.-(Foto: Istimewa)-

Kombinasi efeknya yang menenangkan dengan sensasi dinginnya menjadikan peppermint sebagai pilihan alami yang banyak diminati.

6. Chaste Berry

Mungkin kurang dikenal oleh banyak orang, tetapi chaste berry atau yang sering disebut sebagai Vitex agnus-castus ini memiliki khasiat dalam meredakan gejala PMS termasuk nyeri menstruasi.

BACA JUGA: Obat Herbal untuk Turunkan Kolesterol, Gunakan Tomat dan Olah Jadi Minuman Segar Ini

BACA JUGA: Mitos atau Fakta? Menyantap Daging Kambing Bisa Bikin Sakit Kepala

Chaste berry bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon, sehingga membantu mengurangi gejala-gejala yang timbul selama menstruasi.

Tanaman ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk ekstrak atau dijadikan teh.

Meskipun efektivitasnya tidak secepat herbal lain, chaste berry merupakan pilihan yang baik bagi kalian yang sering mengalami nyeri akibat ketidakseimbangan hormon.

7. Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai pereda nyeri yang efektif karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat prostaglandin, yang merupakan pemicu utama rasa sakit menstruasi.

Mengonsumsi kapsul kayu manis atau menambahkan bubuk kayu manis ke dalam minuman hangat dapat mengurangi intensitas nyeri secara signifikan.

BACA JUGA: 3 Manfaat Kayu Putih Selain untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ketombe Hingga Sakit Gigi

BACA JUGA: Obat Herbal Covid-19 Sedang Diuji Klinis Tahap Terakhir

Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, kayu manis juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

Menggunakan tanaman herbal sebagai alternatif alami untuk mengatasi nyeri menstruasi bisa menjadi pilihan yang menarik.

Meski terbukti membantu banyak orang, sebaiknya konsultasikan penggunaan tanaman herbal ini dengan profesional kesehatan terlebih dahulu, terutama jika kalian memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain.

Tips Mengonsumsi Herbal Secara Aman

Mulailah dengan dosis kecil

Sumber: