Gandeng Seniman Terkenal, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Gelar Nyong Festival ke-3

Gandeng Seniman Terkenal, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal Gelar Nyong Festival ke-3

PRESKON - Ketua DKKT Imam Joend (kanan) bersama pengurus DKKT saat preskon terkait Nyong Festival ke-3, pada Selasa, 22 Oktober 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.com - Hadirkan seniman terkenal asal Tegal, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) kembali menggelar Nyong Festival ke-3, di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kabupaten Tegal, Sabtu, 26 Oktober 2024. 

Seniman asal Tegal yang hadir dalam festival yang mengusung tema "Simbar Lintang" ini sudah berkiprah di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

Hal ini seperti diungkap Ketua DKKT Imam Joend saat preskon dengan wartawan, di Gedung DKKT setempat, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Seniman yang akan tampil dan mendapat penghargaan pada Nyong Festival ke-3 tahun 2024 ini ada enam orang, yaitu Wayang Gatot Kece Ipulogi, Jessy juara Beauty Muslimah Jawa Tengah dan Favorit 1 Nasional. 

BACA JUGA: Kontingen Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Tegal di Tingkat Provinsi Dilepas, Dinas Dikbud Optimistis

BACA JUGA: 14 Peserta Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jawa Tengah Dilepas Dinas Dikbud Kabupaten Tegal

Grup Marawis Nurul Iman Juara 1 tingkat Jawa Tengah, Najwa pembaca puisi yang dapat juara harapan 2 tingkat Nasional, Rumah Seni Tegal (RST) kelompok tari yang pernah pentas di Eropa dan Malaysia. 

Serta Nimas, pelajar SMP yang dapat juara 2 Macapat tingkat Jawa Tengah. 

"Untuk memeriahkan acara, juga akan ada penampilan seperti Jaran Ebeg, Kuntulan, Jaka Nyong, Sekar Arum, Sanggar Tari Sahara dan lain-lain," imbuhnya. 

Nyong Festival ke-3 ini untuk mengapresiasi seniman-seniman dari Kabupaten Tegal baik yang masih aktif maupun yang sudah meninggal dunia. 

BACA JUGA: Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD Tingkat Kabupaten Tegal Digelar Dikbud, Diikuti 18 Kontingen

BACA JUGA: Ada Festival Bawang Merah di Brebes, PKL Alun-alun Minta Tidak Digeser

"Tujuan lainnya untuk memperkenalkan karya dan seniman itu sendiri," jelasnya. 

Sumber: