743 Pengaduan Masyarakat Masuk Lewat Kanal Lapor Bupati Tegal, Proporsi Penyelesaian 97 Persen

743 Pengaduan Masyarakat Masuk Lewat Kanal Lapor Bupati Tegal, Proporsi Penyelesaian 97 Persen

RAPAT - Rapat koordinasi admin Lapor Bupati Tegal bersama warga terlapor dan OPD serta instansi vertikal di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Tegal, Selasa, 4 Juni 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

BACA JUGA: Buka Bintek Pengelolaan Media Sosial, Ini Kata Pj Bupati Tegal

BACA JUGA: Bantu Tenaga Harian Lepas, Pj Bupati Tegal Salurkan 1000 Paket Bingkisan Ramadhan Bahagia

Dirinya mencontohkan sejumlah kasus pengaduan masyarakat yang diselesaikan melalui rapat koordinasi terbatas.

Antara lain pengaduan pungli oleh oknum desa, pengurusan sertipikat tanah untuk fasilitas sosial, hingga sengketa lahan dan bangunan yang melibatkan intansi vertikal pemerintah pusat. 

Proporsi penyelesaian pengaduan 97 persen

Dari seluruh jumlah pengaduan masyarakat Tegal, Hari merinci sebanyak 348 laporan masuk melalui kanal aplikasi android dengan proporsi penyelesaian pengaduan 97 persen. 

Sedangkan 344 laporan masuk lewat Whatsapp lapor bupati dengan proporsi penyelesaian pengaduan 82 persen, dan 51 laporan lainnya masuk melalui kanal media sosial dengan proporsi penyelesaian 84,3 persen.

Menurutnya, layanan pengaduan warga melalui medos, aplikasi android, dan Whatsapp tersebut merupakan bagian dari komitmen Pemkab Tegal dalam membuka ruang komunikasi secara langsung dan terbuka kepada warga.

Hal itu untuk menyampaikan keluhan atas gangguan pelayanan publik yang sekaligus berfungsi pula sebagai feedback terhadap implementasi kebijakan, program dan kegiatan pemerintahan.

Sumber: