Data Stunting di Beberapa Kelurahan di Kota Tegal Meningkat, Pj Walikota: Perlu Dicek Kembali

Data Stunting di Beberapa Kelurahan di Kota Tegal Meningkat, Pj Walikota: Perlu Dicek Kembali

Pj Walikota meminta bapak Asuh untuk mengecek data stunting di Kota Tegal--

TEGAL, radartegal.com – Pj Walikota Dadang Somantri memberikan arahan dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Wilayah Binaan Percepatan Penurunan Stunting, Persiapan Pelaksanaan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dan Pencapaian Kinerja Pembangunan Organisasi Pemerintah Daerah. Kegiatan dilaksanakan, Senin 23 September 2024 siang.

Dalam arahannya, Dadang menyampaikan kepada Bapak Asuh Anak Stunting. Meski begitu, dirinya meminta agar mereka mengecek kembali data Stunting di wilayahnya yang mengalami kenaikan.

“Kawan-kawan terima kasih sudah menjadi Bapak Asuh di setiap Kelurahan, tetapi tidak hanya sekedar sebagai Bapak Asuh yang menyalurkan, memberikan tambahan tetapi harus ada penguatan bagaimana mendata dan mencatat,” ujar Dadang.

Menurut Dadang, saat dilakukan pencatatan serentak data stunting pada bulan Juni hasilnya bagus dan setelah itu sepakat untuk dilakukan pendampingan. Namun setelah berjalan selama tiga bulan, dibeberapa kelurahan ada yang justru meningkat.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Raih Penghargaan Insentif Fiskal Rp6,45 Miliar Karena Berhasil Turunkan Stunting

BACA JUGA: Fatayat NU Siap Sinergi Dalam Penurunan Stunting di Brebes

"Karenanya meminta agar dapat dilakukan evaluasi bersama. Selanjutnya terkait SSGI, ada sebanyak 67 Blok Sensus yang menjadi sampel SSGI 2024 di Kota Tegal.

Karenanya, imbuh Dadang, dirinya meminta OPD yang menjadi Bapak Asuh Anak Stunting agar lebih berkonsentrasi dalam melakukan pendampingan. Sesuai dengan data blok sensus tersebut. 

Sumber: