Teknologi Rem CBS Motor Matic Honda Pertama Kali di Terapkan di Motor Apa? Ini Sejarahnya

Teknologi Rem CBS Motor Matic Honda Pertama Kali di Terapkan di Motor Apa? Ini Sejarahnya

TEKNOLOGI HONDA - CBS telah menjadi bagian penting dalam perkembangan teknologi motor matic Honda.--

radartegal.com - Jika kalian sering berkendara dengan motor matic Honda, pasti nggak asing lagi dengan salah satu fitur yang bisa dibilang cukup canggih di dunia otomotif, yakni Combi Brake System atau CBS. 

Fitur ini sekarang sudah menjadi standar di hampir semua motor matic Honda. Selain CBS, ada juga Anti-Lock Braking System (ABS) yang biasanya hanya hadir di varian motor yang harganya lebih tinggi. 

Namun, mari kita fokus dulu ke CBS dan bagaimana fitur ini menjadi salah satu teknologi andalan Honda sejak pertama kali diperkenalkan.

Banyak di antara pengendara motor yang sering mendengar soal CBS di motor matic Honda, apalagi para bikers yang gemar mengulik teknologi sepeda motor. 

BACA JUGA: Jadi Pertimbangan, Begini Kekurangan Honda BeAt 2024 Terbaru

BACA JUGA: Warnanya Lebih Bervarian! Begini Review Honda Vario 160 2024

Namun, nggak sedikit juga yang masih belum tahu sejak kapan sih sebenarnya fitur CBS ini hadir di motor Honda? Yuk, kita bahas lebih lanjut yang kami kutip dari motorplus-online.com.

Muncul Pertama Kali di Honda Vario Techno 110

Fitur CBS pertama kali muncul di Honda Vario Techno 110 yang diluncurkan antara tahun 2009 hingga 2013. Pada masa itu, fitur CBS sudah menjadi salah satu selling point utama yang menarik perhatian banyak orang.

Teknologi ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman, terutama bagi pengendara yang mungkin belum begitu terbiasa dengan teknik pengereman motor yang ideal.

Namun, jika ditelusuri lebih dalam, ternyata CBS bukan pertama kali hadir di Indonesia. Fitur ini awalnya diperkenalkan di Thailand melalui Honda Click, yang bisa dibilang adalah "saudara" dari Honda Vario.

BACA JUGA: Motor Irit Honda Terbaru Ini Kalahkan BeAT? Berikut Bocoran Keunggulan dan Spesifikasinya

BACA JUGA: Performa Honda BeAT 2024 Naik Drastis, Keunggulan Fitur-fiturnya Bikin Gen Z Nyaman

Sumber: