Tagihan Auto Murah, Begini Cara Menghemat Penggunaan Daya Listrik AC di Rumah

Tagihan Auto Murah, Begini Cara Menghemat Penggunaan Daya Listrik AC di Rumah

IRIT - Dengan mempraktikan cara menghemat penggunaan daya listrik AC, baik di rumah maupu tempat kerja, tagihan rekening listrik Anda akan terkendali.--youtube

Bersihkan atau ganti filter secara teratur, minimal setiap satu atau dua bulan sekali, tergantung pada seberapa sering AC digunakan.

3. Pilih Sleep Mode

Mode sleep pada AC dapat membantu menghemat listrik dengan mengoptimalkan kinerja AC selama periode istirahat atau tidur. Mode sleep dirancang untuk memberikan kesejukan yang nyaman selama tidur sambil mengurangi konsumsi energi.

Banyak AC modern dilengkapi dengan mode hemat energi atau sleep mode. Apabila AC Anda telah dilengkapi fitur ini, sangat disarankan untuk Anda memafaatkan mode ini.

Mode ini dapat menyesuaikan output pendinginan secara otomatis berdasarkan suhu ruangan, mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi.

BACA JUGA: Cara Menghemat Konsumsi Listrik AC Portable, Hanya Lakukan 5 Langkah Mudah Ini Saja

BACA JUGA: Berapa Biaya Listrik AC ½ PK? Yuk Simak dengan Rumus Berikut

4. Pakai Tirai di Siang Hari

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah cara ini. Meskipun terlihat sepele tetapi menutup tirai termasuk cara AC hemat listrik.

Karena sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan suhu dan membuat AC bekerja lebih keras. Tutup tirai atau gorden pada siang hari untuk mengurangi pemanasan ruangan dan membantu AC bekerja lebih efisien.

5. Selektig Gunakan AC

Matikan AC ketika Anda meninggalkan ruangan atau gunakan timer untuk mengatur waktu penggunaannya. Jika malam hari terasa sejuk, pertimbangkan untuk mematikan AC dan membuka jendela agar udara segar dapat masuk.

6. Rawat Rutin AC

Pemeliharaan oleh teknisi AC secara rutin dapat memastikan bahwa sistem AC beroperasi dengan efisiensi maksimal. Penyelidikan dan perbaikan dini juga dapat mencegah kerusakan yang dapat meningkatkan konsumsi energi.

BACA JUGA: Berapa Watt Konsumsi Listrik AC 1 PK dan 1/2 PK? Lakukan Trik yang Tepat Supaya Tak Boros Token

Sumber: