7 Tanda Busi Motor Honda Perlu Segera Diganti, Apakah Motor Anda Mengalami Gejala seperti Ini?

7 Tanda Busi Motor Honda Perlu Segera Diganti, Apakah Motor Anda Mengalami Gejala seperti Ini?

BUSI - Mengabaikan tanda-tanda kerusakan busi motor Honda dapat menyebabkan berbagai masalah serius. -(Foto: wong motor)-

Retakan pada bagian keramik atau elektroda yang aus bisa membuat busi kehilangan fungsinya.

Biasanya, kerusakan fisik seperti ini tidak bisa diperbaiki dan satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA: Pilih Mana? Yamaha NMAX Turbo dan Honda ADV 160 Ternyata Banyak Berbeda di Bagian Ini

BACA JUGA: Fitur Keselamatan Honda Stylo 160 Sangat Lengkap, Pantes Orang Tua Sangat Merekomendasikannya

Pentingnya Mengganti Busi Secara Teratur

Meskipun busi memiliki umur pakai yang cukup lama, sangat disarankan untuk memeriksa busi secara berkala, terutama jika motor sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau dalam kondisi ekstrem.

Secara umum, busi sebaiknya diganti setiap 8.000 hingga 12.000 kilometer, tergantung pada jenis motor dan penggunaan sehari-hari.

Memeriksa dan mengganti busi secara rutin akan membantu menjaga performa mesin, efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan berkendara.

Kesimpulan

Busi mungkin terlihat sebagai komponen kecil, tetapi perannya sangat besar dalam menjaga performa motor. 

Mengabaikan tanda-tanda kerusakan busi motor Honda dapat menyebabkan berbagai masalah serius, mulai dari sulitnya menghidupkan mesin hingga meningkatnya konsumsi bahan bakar. 

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda yang telah disebutkan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan ganti busi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Sumber: