Jangan Salah Beli, Ini 4 Perbedaan Android TV dan Smart TV yang Sangat Penting Diketahui

Jangan Salah Beli, Ini 4 Perbedaan Android TV dan Smart TV yang Sangat Penting Diketahui

CANGGIH - Perbedaan android tv dan smart tv tidak hanya pada tampilan luarnya, tetapi juga sistem operasi dan fitur-fitur di dalamnya.-eraspace-

2. Aplikasi

Dari segi aplikasi, Android TV boleh dibilang lebih unggul ketimbang smart TV. Soalnya, aplikasi di smart TV merupakan aplikasi bawaan dari sistem.

Misalnya, kalau dari awal membeli smart TV sudah ada aplikasi Netflix dan Youtube-nya, Anda bisa menggunakan kedua aplikasi ini. Namun jika tidak, Anda tak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Sebab, pengguna tidak bisa menambahkan aplikasi di smart TV, sedangkan di Android TV bisa. Ini karena Android TV menggunakan sistem yang terhubung dengan Google Play Store.

Jika saat membeli Android TV tidak ada aplikasi Netflix misalnya, maka Anda bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store, kemudian mengunduhnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menikmati tayangan Netflix di TV.

BACA JUGA: Bikin Rusuh Pasar! Infinix Rilis Android TV 43 Inch Harga 2 Jutaan, Speknya Gak Kalah Hebat

BACA JUGA:Pantas Laris Manis! Infinix Android TV X5 Canggihnya Saingi Brand Ternama, Harganya Cuma 2 Jutaan Aja

Hal ini berlaku untuk aplikasi streaming lainnya yang ingin Anda gunakan, tinggal unduh saja di Google Play Store, sehingga Anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan. Pilihan aplikasi di Google Play Store pun sangat banyak, meski ada yang gratis dan berbayar.

3. Pengaturan

Sebenarnya, tampilan di android tv bisa dibuat lebih sederhana jika Anda bisa mengaturnya. Namun, hal ini butuh proses, yaitu mengaturnya secara manual.

Berbeda dengan smart tv, pengaturan bisa dikatakan tidak diperlukan karena umumnya sudah tertata sesuai sistem bawaan. Jadi, Anda tinggal menikmatinya saja.

Umumnya android tv telah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Sehingga pengguna dapat menghubungkan perangkat tambahan dengan mudah.

BACA JUGA: Perbedaan Smart TV dan Android TV, Simak! Biar Gak Bingung Lagi dan Tak Salah Beli

BACA JUGA: Mengubah TV LED Menjadi Android TV dengan Mudah, Nonton Siaran Digital Jadi Tambah Gampang

Misalnya mouse atau keyboard wireless. Selain itu, android tv juga dilengkapi dengan Chromecast, yaitu teknologi dari Google yang mampu menghubungkan dua perangkat dengan mudah dan langsung.

Sumber: